Dahsyat, Ini 9 Khasiat Daun Pegagan bagi Kesehatan Tubuh

10 October 2023 - 06:45 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Daun pegagan dikenal sebagai herbal yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tanaman ini mengandung senyawa anti oksidan dan anti inflamasi seperti asiaticoside, madecassoside, dan asiatic acid.

Daun ini juga kerap digunakan sebagai penyusun produk perawatan kulit (skincare). Dilansir dari berbagai sumber, Senin (9/10/23), berikut ini manfaat daun pegagan yang berguna bagi kesehatan dan kecantikan kulit:

1. Membantu melancarkan sirkulasi darah

Ekstrak daun pegagan diketahui dapat mengurangi kekentalan serta meningkatkan aliran darah. Sebab itu, tanaman ini bermanfaat dalam meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi tekanan darah, serta mengurangi risiko pembekuan darah.

2. Membantu penyembuhan luka

Daun pegagan mengandung triterpenoid yang mampu membantu penyembuhan luka, termasuk luka akibat benda tajam dan luka bakar. Triterpenoid memperkuat jaringan kulit, dengan cara meningkatkan kadar antioksidan dan suplai darah ke area luka.

3. Membantu menyembuhkan penyakit lepra dan tuberkulosis (TB)

Baca Juga:  Wajib Dicoba, 8 Jenis Buah Yang Dapat Meredakan Stres

Dilansir etheses.uin-malang.ac.id, daun pegagan di bagian Timur Eropa dimanfaatkan sebagai obat penyakit lepra dan tuberkulosis. Tanaman ini bekerja dengan cara mengikis zat semacam lilin untuk melindungi dari bakteri.

4. Alternatif meredakan radang sendi

Senyawa-senyawa dalam daun pegagan memiliki efek anti-inflamasi yang berguna membantu meredakan radang sendi. Studi menunjukkan bahwa kandungan zat antiradang pada daun pegagan dapat meredakan keluhan nyeri sendi pada penderita radang sendi.

5. Membantu Mengendalikan Diabetes

Riset dalam Journal Syifa Sciences and Clinical Research menyatakan, ekstrak daun pegagan terbukti dapat menurunkan kadar gula darah tikus yang diinduksi oleh aloksan. Diperkirakan senyawa flavonoid-lah yang berperan dalam menurunkan kadar gula darah.

6. Membantu Meredakan Kecemasan

Kandungan senyawa asiatikosida dalam daun pegagan diketahui dapat membantu meredakan kecemasan. Pasalnya, kandungan antioksidan dalam daun pegagan dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat stres oksidatif.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam penelitian Kandungan Bahan Aktif Tanaman Pegagan dan Khasiatnya untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh oleh Sutardi dijelaskan, kandungan asiatikosida pada daun pegagan merupakan bagian dari triterpenoid yang berfungsi sebagai antibiotik alami dengan menstimulasi sel darah dan sistem imun.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment