Coconut Milk, Ini Sederet Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

7 July 2024 - 06:45 WIB
Shutterstock

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Susu nabati (plant-based milk) biasanya menjadi alternatif bagi orang yang menjalani pola makan vegan maupun memiliki alergi susu sapi atau intoleransi laktosa. Selain oat milk dan almond milk, salah satu susu nabati yang juga populer adalah coconut milk.

Berbeda dari susu nabati lain yang bisa dikonsumsi langsung, coconut milk lebih umum dijadikan sebagai campuran dalam berbagai olahan, seperti aneka kue tradisional, opor, gulai, atau sayur lodeh, untuk menambah rasa gurih dan memberi tekstur lembut.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (4/7/24), berikut sederet manfaat coconut milk bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Menambah nafsu makan

Coconut milk yang terasa gurih dan sedikit manis akan memperkaya cita rasa dan menambah kenikmatan berbagai olahan makanan dan minuman. Jika Anda sering mengalami kurang nafsu makan, misalnya karena kondisi tertentu, cobalah konsumsi hidangan coconut milk yang dapat meningkatkan selera makan.

Beberapa contoh hidangan lezat dari coconut milk adalah sayur santan, soto ayam kuah santan, sayur labu siam, dan sayur oyong kuah kuning. Mencampur coconut milk dengan minuman, seperti kopi atau teh, juga akan menghasilkan rasa yang unik dan gurih.

2. Menguatkan imunitas tubuh

Kelapa kaya akan kandungan asam laurat serta senyawa fenolik yang memiliki sifat antioksidan dan antiradang. Kedua kandungan tersebut ditemukan paling banyak di coconut milk dibandingkan jenis susu nabati lain, seperti almond milk atau oat milk. Zat ini membantu tubuh dalam melawan infeksi dan mengurangi peradangan di dalam tubuh.

Tak hanya itu, memilih produk coconut milk yang diperkaya dengan mineral dan vitamin juga bisa mendukung imunitas tubuh yang kuat. Dengan imun yang kuat, tubuh pun tidak mudah jatuh sakit.

3. Meningkatkan stamina

Coconut milk kaya akan kalori dan elektrolit yang dapat meningkatkan stamina. Tidak heran, makanan atau minuman yang mengandung coconut milk sering menjadi pilihan bagi olahragawan.

4. Mendukung penambahan berat badan

Produk berbahan dasar kelapa, termasuk coconut milk, umumnya mengandung lemak dan kalori yang tinggi. Konsumsi coconut milk secara teratur bisa mendukung penambahan berat badan, apalagi bila dikombinasikan dengan pola makan tinggi lemak dan karbohidrat.

Ini bermanfaat jika Anda sedang menjalani program penambahan berat badan.
Namun, jika Anda justru takut berat badan bertambah, pilihlah produk coconut milk yang memiliki persentase lemak terendah. Oleh karena itu, sebelum membeli produk coconut milk, pastikan Anda membaca nilai nutrisi pada kemasannya.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment