Cegah Seringnya Keram Otot, Ini Sederet Makanan yang Kaya Akan Potasium

11 February 2024 - 06:45 WIB
Pexels

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Tak hanya karbohidrat, vitamin, maupun protein, seseorang juga perlu mendapat asupan potasium yang cukup. Potasium merupakan sebuah elektrolit penting yang bisa mendukung kesehatan kardiovaskular, fungsi saraf, hingga otot.

Potasium juga dikenal penting untuk mencegah terjadinya batu ginjal. Mengonsumsi makanan tinggi potasium dikenal mampu menurunkan kadar kalsium dalam urin, yang berpotensi memicu penyakit batu ginjal ini.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (9/2/24), sederet makanan yang kaya akan potasium, antara lain:

1. Pisang

Pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang terkenal dengan kandungan potasiumnya.

Mineral dalam pisang penting menjaga fungsi jantung yang baik, mendukung kontraksi otot, dan menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh.

Potasium tersebut juga bisa mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit agar tekanan darah tetap stabil. Serat di dalam pisang juga bisa mengikat lemak, sehingga mencegah pembentukan plak.

Jika suka buah ini, kamu bisa mengonsumsinya satu sampai 3 buah per hari. Jumlah ini sudah mampu mencukupi kebutuhan harian.

2. Ubi jalar

Ubi jalar juga menjadi salah satu makanan kaya potasium yang bisa dikonsumsi.

Baca Juga: Hujan Menjadi Identik Saat Imlek ?

Tak hanya potasium, ubi juga mengandung nutrisi penting lainnya yang mampu membantu mengatur tekanan darah, mendukung fungsi saraf, dan membantu kontraksi otot.

Oleh karena itu, ubi bisa dimasukkan ke dalam menu harian. Namun, disarankan tidak menambah garam berlebihan dalam pengolahan ubi. Sebab, garam justru menyebabkan peningkatan tekanan darah.

3. Bayam

Sayuran berdaun hijau ini memiliki kandungan potasium yang tinggi. Kandungan tersebut pun berkontribusi dalam menjaga tekanan darah yang sehat, fungsi otot yang baik, dan transmisi saraf.

Kandungan potasium di dalamnya juga bisa mendukung keseimbangan cairan yang masuk dan keluar sel. Potasium tersebut mampu meluluhkan dinding pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dan melindungi kram otot.

Kamu bisa mengolah bayam dengan cara merebus atau menumisnya dengan sedikit bumbu.

4. Jeruk

Jeruk maupun buah-buahan citrus lainnya termasuk ke dalam jenis makanan kaya potasium. Mineral tersebut penting menjaga keseimbangan cairan tubuh, mendukung sinyal saraf, dan meningkatkan fungsi otot yang baik.

Kabar baiknya, kandungan potasium tersebut tidak hanya mencegah penyakit batu ginjal. Namun, bisa juga mengurangi risiko stroke. Sebab, potasium mampu menjaga kesehatan pembuluh darah.

Dalam sehari, disarankan untuk mengonsumsi 150 gram buah, berarti satu porsi jeruk ukuran sedang. Jangan lupa diimbangi dengan makanan bernutrisi lainnya.

5. Alpukat

Alpukat tidak hanya menjadi buah yang kaya akan lemak sehat, tetapi juga mengandung potasium tinggi. Dalam satu buah alpukat terdapat 975 miligram potasium.

Makan alpukat bisa membantu meregulasi detak jantung. Nutrisi dalam buah alpukat itu juga sekaligus mampu mendukung kontraksi otot, dan berperan penting dalam menjaga kesehatan tekanan darah.

Kamu perlu mengonsumsi alpukat karena kandungan nutrisinya yang dapat mendukung kesehatan secara umum.

Alpukat juga punya kandungan zat aktif, saponin dan alkaloid, yang dapat dimanfaatkan untuk menghancurkan batu ginjal.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment