Catat, Ini Sederet Makanan yang Ampuh Cegah Kanker Payudara

31 October 2023 - 06:45 WIB
Shutterstock

www.tribratanews.com - Jakarta. Kanker payudara merupakan kanker nomor satu pada wanita, yang sangat mempengaruhi kesehatan dan akhirnya menyebabkan kematian.

Karena itu, pentingnya untuk menjaga kesehatan payudara yang dapat dilakukan dari pola makan. Salah satunya mengonsumsi makanan yang dikemas dengan antioksidan.

Dilansir dari Lompoc CVMC, Kamis (26/10/21) berikut sederet makanan yang ampuh mencegah kanker payudara, antara lain:
Baca Juga: Sebanyak 30 Pekerja Tambang Batu Bara Ilegal Berhasil Ditangkap Polisi di Palembang

1. Buah Berry

Buah berry mengandung antioksidan dan vitamin yang mampu melindungi, memperbaiki, dan memperlambat penyebaran sel kanker.

Hal tersebut telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan pada 2016. Disebutkan bahwa mengonsumsi buah berry mampu menghancurkan tumor kanker.

Buah berry yang berwarna lebih gelap memiliki antioksidan 50 persen lebih banyak dibandingkan buah berry yang berwarna lebih terang.

2. Makanan Fermentasi

Tak hanya baik untuk kesehatan usus, makanan fermentasi juga mampu mencegah kanker payudara. Bakteri baik pada makanan fermentasi mampu menyerap racun berbahaya.

Menurut penelitian 2019 yang diterbitkan dalam Oncology Reviews, probiotik dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker.

Kamu bisa memilih antara kombucha, kimchi, tempe, yogurt dan makanan fermentasi lainnya. Makanan tersebut kaya akan antioksidan yang juga berperan mengurangi risiko kanker payudara.

3. Teh Hijau

Menurut penelitian 2014 dalam World Journal of Clinical Oncology, teh hijau mengandung senyawa dan berbagai antioksidan untuk mengurangi risiko kanker payudara pada wanita.

Peneliti menyebutkan, bahwa wanita yang rutin minum teh hijau dapat mengurangi peradangan dan menghancurkan radikal bebas penyebab berbagai jenis kanker.

Saat membeli teh hijau, pilihlah daun teh yang lebar atau beli teh celup tanpa pewarna. Selain itu, hindari tambahan gula agar manfaatnya tidak hilang.

4. Ikan Berlemak

Ikan berlemak banyak memiliki manfaat kesehatan karena dikemas dengan lemak sehat dan antioksidan. Kandungan itu akan mengurangi peradangan yang menyebabkan kanker payudara.

Menurut penelitian 2020 dalam In Vivo, wanita yang mengonsumsi ikan berlemak dalam jumlah tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, ikan berlemak sebaiknya diolah dengan cara dipanggang.

5. Buah Citrus

Buah citrus seperti jeruk dan lemon mampu mencegah risiko terjadinya kanker payudara. Itu karena kandungan vitamin C dan folat yang akan melawan kanker tersebut.

Sebuah penelitian 2013 di Journal of Breast Cancer menemukan bahwa wanita yang banyak makan jeruk memiliki 10 persen lebih kecil untuk terkena kanker payudara.

6. Sayuran Hijau

Rutinlah mengonsumsi sayuran hijau untuk mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh. Mulai dari kangkung, bayam, sawi, kale, dan lainnya.

Sebuah studi 2012 menyebutkan bahwa sayuran hijau mampu mencegah kanker payudara. Menurut peneliti, sayuran hijau kaya akan antioksidan yang berperan menghancurkan radikal bebas penyebab kanker.

7. Kacang

Antioksidan juga ditemukan dalam kandungan kacang-kacangan. Selain antioksidan, juga ada kandungan serat dan vitamin yang mampu menangkal kanker payudara.

Antioksidan tersebut akan berperan mencegah peradangan dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Sementara vitamin dan mineral akan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment