Catat, Ini Sederet Makanan Sehat untuk Merangsang 5 Indera Tubuh

17 November 2023 - 06:45 WIB
Astro

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Mengonsumsi makanan yang baik untuk kelima indera kita mampu bisa menyehatkan tubuh. Mulai dari indera penglihatan hingga penciuman.

Hal ini bukan hanya tentang memuaskan selera saja, tetapi juga memberi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Kelima indera tubuh pun memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari.

Dilansir dari PulseND, Kamis (16/11/23), berikut sederet makanan sehat bantu tingkatnya fungsi masing-masing indera tubuh, antara lain:

1. Indera Perasa

Untuk meningkatkan kesehatan pada indera perasa, disarankan untuk rutin mengonsumsi makanan manis alami seperti buah dan sayuran. Keduanya dikemas dengan vitamin dan serat.

Baca Juga: Polda NTT Pastikan Upaya Pencegahan Kerawanan Pemilu Sudah Dilakukan

Tak hanya itu, juga ada kandungan antioksidan yang akan memuaskan hasrat akan gula tetapi juga memberikan nutrisi. Kamu bisa memilih buah berry, mangga, semangka dan lainnya.

2. Indera Penglihatan

Mempertajam indera penglihatan bisa dengan mengonsumsi sayuran berwarna-warni. Seperti wortel, paprika, hingga sayur bayam.

Wortel dikenal dengan warna oranye cerah karena mengandung beta-karoten. Senyawa itu yang berperan memberi warna oranye pada wortel dan berperan menyehatkan penglihatan.

Kemudian bayam dikemas dengan lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang melindungi mata dari gelombang cahaya berbahaya. Sayuran tersebut juga mengandung vitamin A yang dibutuhkan mata.

3. Indera Penciuman

Indera penciuman kerap kali dirusak oleh bakteri. Untuk meningkatkan kesehatannya perlu sesuatu yang aromatik, seperti bumbu dan rempah-rempahan.

Misalnya bawang putih yang mengandung allicin, senyawa yang dikenal memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Sementara kunyit mengandung kurkumin.

Itu merupakan senyawa antiinflamasi dan antioksidan yang kuat. Kamu bisa memasukkan rempah-rempahan tersebut dalam makanan untuk merangsang indera penciuman.

4. Indera Pendengaran

Untuk merangsang indera pendengaran, kamu perlu mengonsumsi makanan bertekstur renyah. Alih-alih keripik, pilihlah makanan sehat seperti apel, almond, dan seledri.

Tak hanya bagus untuk pendengaran, makanan renyah tersebut mampu merangsang produksi air liur yang akan membantu menetralkan asam di mulut sehingga mencegah kerusakan gigi.

Seperti apel misalnya, yang selain renyah juga merupakan sumber serat dan vitamin C yang baik. Begitu juga dengan almond yang kaya akan lemak sehat.

Kemudian ada seledri yang memiliki tekstur berserat juga berperan sebagai sikat gigi alami, di mana mampu membersihkan gigi dan gusi saat kita mengunyah.

5. Indera Peraba

Indera peraba terlibat melalui tekstur makanan yang kita konsumsi. Misalnya, alpukat dengan konsistensi krimnya menambah sentuhan lembut pada salad dan sandwich.

Atau kamu juga bisa mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji chia. Biji itu akan menawarkan rasa renyah yang memuaskan.

Makanan seperti yogurt dan puding pun mampu merangsang indera peraba karena teksturnya yang halus dan lembut, sehingga memberikan rasa mewah di mulut.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment