Catat, Ini Sederet Jenis Eksim yang Perlu Diketahui

28 August 2024 - 08:00 WIB
iStockphoto

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Eksim merupakan masalah kulit yang umumnya bersifat kronis. Kondisi ini menyebabkan peradangan, kemerahan, gatal, dan ruam. Kulit yang mengalami eksim perlu segera ditangani agar gejalanya tidak semakin parah.

Sebelum mencari penanganan yang tepat, kamu perlu mengetahui jenis-jenis eksim. Dengan mengetahui jenis eksim yang dimiliki, kamu bisa mencari penanganan yang tepat.

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (24/8/24), berikut sederet jenis eksim yang wajib diketahui, antara lain:

1. Dermatitis atopik

Dermatitis atopik merupakan salah satu jenis eksim yang paling umum. Kondisi ini dipicu oleh faktor seperti gen, kulit kering karena terganggunya skin barrier kulit, masalah sistem kekebalan tubuh, stres atau iritan.

Gejalanya meliputi kulit kering, gatal, dan bercak merah yang bisa menjadi tebal dan bersisik akibat sering digaruk.

Ada juga dermatitis kontak yang bisa muncul ketika kulit bersentuhan dengan zat pemicu iritasi atau alergi. Zat ini bisa berupa produk pembersih, sabun, atau bahkan perhiasan.

Gejala dermatitis kontak bisa berupa kulit gatal yang berubah warna menjadi merah, terasa terbakar atau perih hingga timbulnya lepuhan berisi cairan.

3. Dermatitis seboroik

Jenis eksim ini memengaruhi kulit kepala, sehingga menyebabkan ketombe dan bercak merah yang bersisik.

Kondisi ini dapat terjadi di bagian tubuh yang berminyak seperti wajah, dada, dan punggung atas.

Dermatitis seboroik bisa dipicu oleh stres, perubahan hormonal, penyakit, deterjen atau bahan kimia keras, cuaca dingin dan kering, kondisi medis tertentu, dan obat-obatan seperti interferon dan lithium.

4. Dyshidrotic eczema

Dyshidrotic eczema ditandai munculnya lepuhan kecil yang gatal di telapak tangan, jari, dan telapak kaki. Jenis eksim ini sering dipicu oleh stres, kelembapan tinggi, atau kontak dengan logam tertentu.

5. Nummular eczema

Kondisi nummular eczema menyebabkan munculnya bercak berbentuk bulat atau oval yang sangat gatal.

Nummular eczema juga paling sering kali terjadi pada orang dewasa dan bisa dipicu oleh kulit kering, luka, atau gigitan serangga.

6. Neurodermatitis

Neurodermatitis menyebabkan bercak kulit yang gatal dan tebal. Rasa gatal biasanya terjadi di leher, pergelangan tangan, lengan, kaki, dan area anus.

Penyebab pasti kondisi ini tidak diketahui, tetapi stres dan kecemasan sering menjadi faktor pemicunya

7. Stasis dermatitis

Stasis dermatitis terjadi ketika sirkulasi darah di kaki tidak lancar, sering kali karena varises atau kondisi vena lainnya. Gejalanya termasuk kulit yang terasa gatal dan meradang, terutama di sekitar pergelangan kaki.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment