Catat, Ini Sederet Cara Ampuh Hilangkan Pecah-Pecah di Kaki

13 September 2024 - 07:15 WIB
Shutterstock

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kaki pecah-pecah biasanya terletak di bagian telapak kaki, tepatnya tumit. Keluhan ini ditandai dengan kulit kaki yang kering, keras, bersisik, berkerak, dan berwarna kekuningan.

Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara menghilangkan kaki pecah-pecah secara permanen yang bisa Anda lakukan. Cara-cara tersebut ampuh membuat kaki menjadi mulus kembali asal dilakukan dengan konsisten.

Tak hanya mengganggu penampilan, kaki pecah-pecah yang dibiarkan lama-kelamaan dapat menyebabkan retakan lebih dalam dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi kulit, seperti selulitis.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (12/9/24), berikut sederet cara hilangkan pecah-pecah pada kaki, antara lain:

1. Mengoleskan pelembap tepat setelah mandi

Pelembap merupakan salah satu cara paling mudah dan paling ampuh untuk menghilangkan kaki pecah-pecah secara permanen. Namun, ada dua hal yang perlu diperhatikan, yaitu pemilihan produk pelembap dan cara memakainya.

Pilihlah produk pelembap yang diformulasikan khusus untuk kulit kaki pecah-pecah dan kering. Produk ini biasanya mengandung zat pelembut kulit, seperti urea, asam salisilat, atau asam alfa hidroksi (AHA).

Beragam bahan tersebut tidak hanya berfungsi untuk melembapkan kulit, tetapi juga membantu pengangkatan sel-sel kulit mati. Dengan terangkatnya sel-sel kulit mati yang membuat kaki pecah-pecah, kemampuan tubuh untuk menyerap kelembapan meningkat sehingga kulit kering dapat teratasi.

Tak hanya itu, pakailah pelembap dalam waktu 5 menit setiap setelah mandi, yaitu saat kulit masih terasa lembap, dan kapan pun saat kulit kaki terasa kering. Setelah itu, pakailah kaos kaki agar produk pelembap yang telah dioleskan ke kulit menyerap dengan baik dan tidak berpindah ke lantai.

2. Melakukan eksfoliasi kulit kaki

Cara menghilangkan kaki pecah-pecah secara permanen juga bisa dengan eksfoliasi kulit. Kulit kaki yang pecah-pecah di bagian tumit biasanya lebih tebal daripada bagian kulit lainnya.

Adapun itu, eksfoliasi berguna untuk mengikis kulit yang menebal tersebut dan mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kering.

3. Menggunakan minyak kelapa

Anda juga bisa memanfaatkan minyak kelapa sebagai cara menghilangkan kaki pecah-pecah secara permanen. Minyak kelapa dapat memperbaiki kondisi kulit kering, terutama pada bagian tumit.

Menurut berbagai penelitian, minyak kelapa terbukti dapat meningkatkan efektivitas lapisan pelindung kulit, mengurangi peradangan, mencegah kulit kering, dan melindungi kulit dari kerusakan.

4. Mengoleskan madu

Untuk menghilangkan kaki pecah-pecah, madu bisa menjadi pilihan pelembap alami yang ampuh. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa madu dapat meningkatkan kadar air pada kulit, mencegah penumpukan bakteri, dan mengurangi risiko terjadinya infeksi.

5. Pakai alas kaki yang empuk

Memperhatikan penggunaan alas kaki juga termasuk dalam perawatan untuk menghilangkan kaki pecah-pecah secara permanen. Pilihlah sepatu atau sandal yang memiliki sol empuk dan bisa menopang tumit dengan baik. Tak hanya itu, hindari sepatu yang sudah usang atau ukurannya kurang pas.

Jangan lupa juga untuk selalu memakai kaos kaki. Saat di rumah, Anda juga disarankan untuk menggunakan sandal rumah yang empuk. Tujuannya untuk mengurangi tekanan pada telapak kaki yang bisa memperparah kaki pecah-pecah.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment