Catat, Ini Sederet Asupan Kaya Akan Nutrisi bagi Penderita Arthritis

13 February 2024 - 06:45 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Radang sendi atau arthritis merupakan pembengkakan dan nyeri pada satu atau lebih sendi. Gejala utamanya berupa nyeri dan kekakuan sendi yang memburuk seiring bertambah usia.

Ada dua jenis arthritis yang paling umum, di antaranya osteoarthritis (kerusakan tulang rawan pada sendi) dan rheumatoid arthritis (kekebalan tubuh menyerang sendi).

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (11/2/24), berikut sederet makanan yang kaya akan nutrisi bagi penderita arthritis, antara lain:

1. Ikan berlemak

Ikan berlemak kaya akan asam omega 3 yang terbukti punya efek antiinflamasi kuat. Sebut saja salmon, tuna, ikan kembung, makerel, atau sarden.

Melansir dari Healthline, berbagai penelitian menemukan bahwa suplemen asam lemak omega 3 dapat mengurangi intensitas nyeri sendi, kekakuan di pagi hari, dan jumlah sendi yang nyeri.

Baca Juga: Polda Aceh Kerahkan 1.423 Personel Guna Pastikan Keamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS)

2. Produk kedelai

Tak suka ikan? Tenang saja, Anda tetap bisa mendapatkan asupan asam lemak omega 3 dari kedelai.

Tak hanya banyak mengandung asam lemak omega 3, kedelai juga tinggi protein dan serat, serta rendah lemak. Coba saja masukkan tahu atau edamame dalam diet harian.

3. Produk susu rendah lemak

Penderita arthritis tetap disarankan mengonsumsi produk susu tapi yang kandungan lemaknya rendah atau bebas lemak.

Produk susu seperti susu cair, yogurt, dan keju banyak mengandung kalsium dan vitamin D. Menukil dari laman Arthritis Foundation Asia, produk susu sangat baik untuk penderita osteoarthritis.

Vitamin D sangat penting untuk penyerapan kalsium dan terbukti meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau jadi salah satu makanan kaya nutrisi untuk penderita arthritis.

Tak hanya sayuran hijau, Anda juga bisa mengonsumsi sayuran penuh warna lainnya seperti bit, ubi, dan kubis.

Sayuran penuh warna ini banyak mengandung antioksidan, polifenol, serat, vitamin, dan mineral. Antioksidan berhubungan dengan fungsi imun dan proses antiinflamasi.

5. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber lemak sehat, termasuk asam lemak omega 3 yang berfungsi sebagai antiinflamasi.

Melansir dari Very Well Health, sebaiknya pilih varian kacang dan biji yang mentah, dipanggang ringan dan tanpa tambahan garam.

6. Beri

Jenis buah beri seperti stroberi, blueberry, dan blackberry banyak mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral sehingga bisa mengurangi peradangan.

Riset kecil membuktikan, konsumsi 40 gram bubuk blueberry kering per hari selama 4 bulan mengurangi nyeri, kekakuan, dan mengembangkan performa jalan kaki pada 79 orang dengan osteoarthritis lutut.

7. Anggur

Tak hanya beri, anggur juga dapat dijadikan opsi sajian buah. Anggur termasuk makanan kaya nutrisi untuk penderita arthritis.

Anggur memiliki sifat antiinflamasi, tinggi antioksidan, dan padat nutrisi. Konsumsi anggur bersama kulitnya demi mendapatkan manfaat maksimal.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment