Catat! Ini 5 Jenis Rempah yang Ampuh Atasi Perut Kembung

26 November 2023 - 06:45 WIB
Klik Dokter

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Perut kembung dapat dipicu oleh sejumlah faktor, mulai dari salah konsumsi makanan atau minuman hingga pengaruh lingkungan.

Tetapi, secara umum perut kembung disebabkan karena proses pencernaan makanan yang tidak lancar. Kondisi yang tidak nyaman ini bisa disertai sejumlah gejala lain, seperti sesak hingga perut yang terasa sangat penuh.

Perut kembung dapat diatasi dengan konsumsi obat atau makanan tertentu. Sejumlah rempah dan obat herbal ini memiliki kemampuan untuk menyehatkan usus, sekaligus membantu mengeluarkan gas yang terperangkap di dalam.

Baca Juga: Polwan Hadir Laksanakan Patroli Dialogis Objek Vital di Gorontalo

Dilansir dari Healthline, Sabtu (25/11/23), berikut sederet jenis rempah dan herbal yang mampu atasi masalah perut kembung, antara lain:

1. Jahe

Jahe merupakan tanaman herbal yang manfaatnya sudah dikenal sejak lama, terutama di China, India, dan Jepang. Sebenarnya jahe merupakan tanaman berdaun dengan bunga berwarna kuning kehijauan. Namun, yang sering dipakai sebagai obat-obatan ialah rimpang tanaman yang tumbuh dibawah tanah.

Jahe memiliki sejumlah sifat, mulai dari anti-inflamasi, antioksidan, dan anti-maag. Sifat tersebut bermanfaat untuk mengatasi perut kembung akibat kelebihan gas dalam tubuh. Jahe juga mengandung zingibain yang dikenal mampu membantu tubuh memecah protein yang bertumpuk.

Jahe memiliki sejarah panjang dalam penggunaannya sebagai 'obat'. Tanaman herbal ini bisa mengurangi kram usus, perut kembung, mual, hingga muntah.

2. Lada hitam

Lada hitam biasanya ditambahkan ke masakan untuk menyempurnakan rasa. Namun, manfaat lada hitam lebih dari itu. Jenis rempah ini dikenal bisa mengatasi masalah perut kembung.

Di dalam lada hitam terdapat senyawa piperine, yang terbukti menyehatkan pencernaan dan penyerapan nutrisi. Senyawa di dalam lada hitam juga mendorong aliran darah ke saluran pencernaan. Membantu merangsang pelepasan enzim pencernaan yang diperlukan untuk mencerna makanan.

Pencernaan yang baik atau lancar akhirnya membuat kondisi kembung berkurang.

3. Kayu manis

Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah yang banyak digunakan dalam masakan hingga campuran teh atau kopi. Rasanya sendiri manis dengan sentuhan rempah yang hangat.

Kayu manis dapat meningkatkan aliran darah, mendukung pencernaan sehat, dan menghilangkan kembung.

Kandungan zat di dalam kayu manis juga dapat membantu metabolisme lemak dalam proses pencernaan. Pencernaan lebih lancar dan rasa perut kembung berkurang.

JIka mengalami masalah perut kembung, kamu bisa mulai menambahkan kayu manis di racikan teh atau kopi. Kayu manis juga sekaligus bisa menjadi pengganti gula yang lebih baik.

4. Jintan

Jintan juga sering ditambahkan ke dalam masakan untuk menambah cita rasa. Tanaman berasal dari Mediterania Timur hingga Asia Selatan ini merupakan makanan pokok di banyak budaya. Mereka menawarkan aroma kuat yang menambah rasa berbeda pada masakan.

Di sisi lain, jintan dapat berfungsi menyembuhkan kondisi gejala perut kembung. Jintan memiliki efek antidiabetes, anti-inflamasi, dan pelindung jantung. Penelitian seperti yang dibagikan health.com menunjukkan kalau jintan mampu mendukung produksi empedu yang penting untuk pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Peningkatan pencernaan dapat membantu mengurangi kembung dan mencegah kram perut.

5. Kapulaga

Kapulaga biasa dipakai dalam masakan India dan masakan Indonesia. Kapulaga memberikan cita rasa unik ke dalam masakan sekaligus menawarkan khasiat sehat.

Kapulaga memiliki sifat anti-bakteri, anti-oksidan, dan anti-inflamasi. Bahan alami ini sering digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan, termasuk infeksi periodontal, asma, hingga gangguan pencernaan.

Kapulaga bisa melawan gas setelah makan. Rempah ini juga bersifat diuretik sehingga dapat membuang kelebihan cairan yang mungkin menyebabkan rasa kembung.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment