Cacar Air bisa Cepat Kering dan Hilang, Ini Caranya

5 August 2024 - 21:30 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Cacar air merupakan penyakit yang ditandai dengan lepuhan kulit berisi cairan. Penyakit ini termasuk ke dalam jenis penyakit yang mudah menular. Pemicunya adalah infeksi virus varicella zoster melalui percikan ludah atau paparan cairan dari ruam pengidap.

Gejala yang ditimbulkan berupa lesi kemerahan berisi cairan yang terasa gatal. Serta gejala lain seperti sakit kepala, rasa lelah berlebihan, demam dan penurunan nafsu makan.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (5/8/24), berikut sederet obat cacar air yang alami dan tradisional paling ampuh, antara lain:

1. Losion Calamine

Losion calamine mengandung seng dioksida atau seng karbonat yang efektif mengurangi rasa gatal dan peradangan di kulit. Oleskan tipis-tipis secara merata dan hindari penggunaannya pada bagian mata dan mulut.

2. Oatmeal

Oatmeal mengandung glukon yang merupakan zat antiradang. Zat tersebut dapat membantu meringankan rasa gatal akibat lesi cacar air. Guna mendapatkan manfaatnya, disarankan untuk mandi oatmeal. Sebab, bahan ini bisa menjadi obat cacar air tradisional paling ampuh.

Dengan cara sebagai berikut; blender 1 gelas oatmeal dan masukkan ke dalam bak atau ember berisi air hangat. Kemudian berendam di dalam air selama 15 sampai 20 menit. Sembari berendam, basuh tubuh dengan larutan tersebut.

3. Baking Soda

Baking soda juga bisa menjadi obat cacar air tradisional paling ampuh. Dikarenakan, bahan ini memberikan efek menenangkan di kulit karena kandungan sodium dan ion biokarbonat di dalamnya. Caranya dengan mencampurkannya ke dalam air hangat, kemudian gunakan untuk mandi.

4. Teh Chamomile

Teh chamomile memiliki sifat antiseptik dan antiradang. Caranya, seduh 2 hingga 3 kantong teh di dalam gelas. Gunakan air teh tersebut sebagai obat totol lesi pada kulit. Caranya dengan menggunakan kapas atau kain lembut.

5. Kompres Dingin

Kompres dingin dapat membantu meredakan gatal akibat munculnya les. Itu mengapa, cara sederhana ini bisa menjadi salah satu obat cacar air tradisional paling ampuh.

Lakukan cara ini selama 10 hingga 15 menit, 3 kali sehari atau sesering mungkin. Tak hanya itu, pastikan jangan menggaruk lenting yang terasa gatal.
Selama perawatan ini, sebaiknya jangan keluar rumah karena cacar sangat mudah menular.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment