Biar Gadibilang Jompo, Ini Sederet Tips Menjaga Kesehatan Tulang= Berikut Sederet Tips Menjaga Kesehatan Tulang

7 August 2024 - 22:00 WIB
Freepik

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Akrab dengan istilah 'remaja jompo'? Ya, istilah ini ditujukan pada orang yang masih muda tapi selalu merasa lebih cepat lelah usai beraktivitas.

Salah satu penyebab mudah kelelahan ini bisa jadi karena kondisi tulang yang rapuh dan tidak dijaga dengan baik.

Adapun itu, usia seseorang akan berpengaruh pada kepadatan tulangnya, di mana semakin bertambah usia, semakin berkurang kepadatan tulang.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mulai menjaga kesehatan tulang dari sekarang, agar kesehatan tulang Anda tetap terjaga seiring bertambahnya usia.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (4/8/24), berikut sederet cara menjaga kesehatan tulang, antara lain:

1. Konsumsi sayuran

Melansir laman Kemenkes, untuk menjaga kesehatan tulang disarankan untuk rutin mengonsumsi sayuran. Sayuran kaya akan vitamin C yang berfungsi untuk membantu produksi sel-sel pembentuk tulang.

Tak hanya itu, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tulang dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Perbanyak asupan vitamin D

Untuk membantu penyerapan kalsium, pembentukan tulang, dan melindungi tulang, tubuh membutuhkan vitamin D. Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin D harian dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, seperti salmon, ikan sarden, minyak ikan, tuna, tiram, udang, kuning telur, dan jamur tiram.

Tal hanya dari makanan, vitamin D juga dapat dibentuk sendiri oleh tubuh dengan bantuan paparan sinar matahari. Namun ingat, hindari terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari yang terik.

3. Cukupi kebutuhan protein

Salah satu cara menjaga kesehatan tulang adalah mencukupi kebutuhan protein sehari-hari. Mengutip Healthline, sekitar 50 persen tulang terbentuk dari protein.

Para peneliti telah melaporkan bahwa asupan protein yang rendah dapat menurunkan penyerapan kalsium dan mempengaruhi tingkat pembentukan dan kerusakan tulang.

4. Rutin berolahraga

Dengan berolahraga secara rutin, kekuatan otot, koordinasi, dan keseimbangan tubuh dapat terjaga dengan baik. Selain itu, risiko Anda untuk terkena osteoporosis juga akan berkurang.

5. Hindari rokok dan alkohol

Melansir dari Mayo Clinic, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan tembakau berkontribusi terhadap lemahnya tulang.

Demikian pula, meminum lebih dari satu minuman beralkohol sehari untuk wanita atau dua minuman beralkohol sehari untuk pria dapat meningkatkan risiko osteoporosis.

6. Konsumsi suplemen kolagen

Kolagen merupakan protein utama yang terdapat pada tulang. Ini mengandung asam amino glisin, prolin dan lisin, yang membantu membangun tulang, otot, ligamen dan jaringan lainnya.

Hidrolisat kolagen berasal dari tulang hewan dan biasa disebut gelatin. Telah digunakan untuk meredakan nyeri sendi selama bertahun-tahun.

Meskipun sebagian besar penelitian telah mengamati efek kolagen pada kondisi sendi seperti arthritis, tampaknya kolagen juga memiliki efek menguntungkan pada kesehatan tulang.

7. Menjaga berat badan ideal

Menjaga berat badan ideal juga menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan tulang.

Penelitian menunjukkan bahwa obesitas dapat meningkatkan risiko cedera pada tulang. Karena itu, untuk melindungi tulang dari risiko cedera, Anda disarankan untuk menjaga berat badan tetap ideal.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment