Berapa Liter Air Sebagai Asupan Cairan Harian Yang Dibutuhkan Tubuh Kita?

13 October 2023 - 23:00 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Kini Indonesia sedang mengalami cuaca panas seperti sekarang yang sedang semua masyarakat rasakan, masyarakat disarankan untuk memenuhi asupan cairan sehingga tidak gampang dehidrasi.

Pada umumnya yang disarankan oleh kebanyakan dokter kepada masyarakat adalah untuk mendapatkan asupan cairan sebanyak 2 liter per hari. Kalian pernahkah berpikir jika dengan cuaca sepanas ini, apa perlukah kita menambahkan asupan cairan? atau sebenarnya berapa cairan yang kita butuhkan pada tubuh kita?

Karena memang cuaca akhir-akhir ini memang cukup panas, apalagi kalian berada di luar ruangan sebentar saja bisa membuat keringat bercucuran dan kegerahan dengan Kondisi ini membuat kalian cepat merasa haus. Tanpa asupan cairan yang cukup, tubuh lebih rentan mengalami dehidrasi dengan cuaca panas ini.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Andi Khomeini Takdir mengatakan, memenuhi kebutuhan cairan saat cuaca panas hukumnya wajib. Selama ini, orang memang berpacu pada 2 liter per hari.

"Ini (2 liter per hari) standar global. Jadi sebenarnya ya boleh saja, boleh kurang boleh lebih. Tapi, jangan terlalu kurang juga," ungkap dia Dilansir dari CNNIndonesia, saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (12/10/23).

Tak harus selalu 2 liter

Dokter spesialis ini juga menyarankan agar asupan air putih yang disesuaikan dengan berat badan. Jadi, tidak hanya fokus pada ukuran dua liter per hari saja.

Baca Juga:  Jarang Diketahui, Ini 5 Makanan yang Sebaiknya Tak Dimakan di Pagi Hari

"Sebetulnya tidak hanya dua liter. Ini justru takarannya harus sesuai dengan berat badan yang dimiliki," ujar Andi.

Misalnya, jelasnya, per kilogramnya seseorang harus minum sebanyak 30-50 cc. Nah, saat cuaca panas Anda bisa mengambil batas atas atau ukuran yang paling tinggi.

"Kalau cuaca panas ambil batas atas artinya yang 50cc ini. Berarti, kan, bisa lebih dari 2 liter jika sesuai aturan itu," jelas Dokter Spesialis itu.

Dia mengatakan bahwa, kebutuhan cairan justru tidak diukur dari eksternal atau cuaca yang tengah terjadi. Hal ini justru tergantung pada berat badan seseorang serta keperluannya.

"Mau cuaca panas atau dingin, kebutuhan cairan orang dengan berat badan 45 kilogram dan orang dengan berat badan 90 kilogram pasti beda," jelasnya.

Melansir berbagai sumber, Anda bisa menghitung kebutuhan cairan tubuh dengan cara mengalikan berat badan dengan 30 mililiter. Lebih jelasnya, berikut beberapa takaran kebutuhan cairan sesuai berat badan:

1. Berat badan 45 kg memerlukan cairan tubuh sebanyak 1,9 liter

2. Berat badan 50 kg memerlukan cairan tubuh sebanyak 2,1 liter

3. Berat badan 55 kg memerlukan cairan tubuh sebanyak 2,3 liter

4. Berat badan 60 kg memerlukan cairan tubuh sebanyak 2,5 liter

5. Berat badan 65 kg memerlukan cairan tubuh sebanyak 2,7 liter

6. Berat badan 70 kg memerlukan cairan tubuh sebanyak 2,9 liter

7. Berat badan 75 kg memerlukan cairan tubuh sebanyak 3,2 liter

8. Berat badan 80 kg memerlukan cairan tubuh sebanyak 3,5 liter

9. Berat badan 85 kg memerlukan cairan tubuh sebanyak 3,7 liter

10. Berat badan 90 kg memerlukan cairan tubuh sebanyak 3,9 liter

11. Berat badan 95 kg memerlukan cairan tubuh sebanyak 4,1 liter

12. Berat badan 100 kg memerlukan cairan tubuh sebanyak 4,3 liter

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment