Banyak Manfaat, Ini Sederet Makanan Ini Dapat Jadi Tabir Surya Alami

3 September 2023 - 06:45 WIB
Foto: JPNN

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Tak hanya dengan krim tabir surya, paparan sinar matahari di wajah bisa ditangkal dengan asupan makanan. Seperti mengonsumsi makanan kaya antioksidan yang enak.

Memiliki kulit wajah yang sehat adalah dambaan setiap orang. Kulit wajah yang sehat terlihat dari warnanya yang cerah, halus, lembap dan bersih dari jerawat.

Untuk mendapatkan kulit wajah sehat, banyak orang yang menggunakan skincare, salah satunya sunscreen atau tabir surya. Namun risiko tidak cocok pada produk tertentu bisa menyebabkan masalah pada kulit.

Solusinya bisa dilakukan secara alami, yakni dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan. Antioksidan itu berperan melawan radikal bebas yang bisa disebabkan dari sinar matahari.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 7 makanan kaya antioksidan yang berfungsi sebagai tabir surya alami.

1. Jus Lemon

Jus lemon bisa kamu jadi sebagai tabir surya alami. Air lemon yang menyegarkan akan membantu mendinginkan wajah, sehingga mengalahkan panas ekstrem dari sinar matahari.

Kandungan vitamin C pada air lemon berperan sebagai antioksidan yang membantu menangkal sinar UV. Selanjutnya akan melindungi wajah dari kerusakan akibat radikal bebas pada kulit.

2. Teh Hijau

Teh hijau terkenal dengan khasiatnya yang dapat menurunkan berat badan. Tak hanya itu, teh hijau juga bagus dijadikan sebagai tabir surya alami.

Teh hijau mengandung antioksidan yang disebut polifenol yang berperan mencegah kulit berubah warna kecokelatan. Tak hanya itu, juga bisa mencegah efek negatif kerusakan akibat sinar matahari.

Baca Juga:  Catat! Ini 7 Cara Mengatasi Varises yang Efektif

3. Tomat

Tomat juga mengandung senyawa kimia yang disebut likopen. Likopen inilah yang berperan memberi warna merah pada tomat. Ini juga ditemukan pada sayur dan merah berwarna merah lainnya.

Di samping itu, likopen pada tomat ini juga berperan menyerap radiasi UVA dan UVB, sehingga membantu mencegah risiko sengatan sinar matahari yang merusak kulit wajah.

4. Air Kelapa

Air kelapa bisa dimanfaatkan sebagai pelembab alami yang membantu menutrisi kulit wajah. Dengan mengonsumsinya akan membuat kulit wajah menjadi lembut dan kenyal.

Adapun itu, manfaat air kelapa juga mampu dijadikan sebagai tabir surya alami. Pasalnya air kelapa yang bersifat dingin ini mampu menghilangkan kotoran kulit bahkan mencerahkan kulit.

5. Wortel

Wortel mengandung vitamin A dalam jumlah yang tinggi. Vitamin A tersebut akan menawarkan beta karoten, zat yang sangat dibutuhkan kulit. Zat inilah yang disebut juga sebagai antioksidan.

Tak hanya itu, juga mengandung karotenoid yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

6. Alpukat

Alpukat juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit, karenanya buah ini bisa dijadikan sebagai tabir surya alami. Nutrisi tersebut adalah lemak omega-3.

Lemak sehat tersebut berperan mencegah peradangan akibat sinar matahari yang merusak sel kulit. Maka tak heran banyak produk masker wajah yang mengandung buah alpukat.

7. Buah Berry

Kandungan antioksidan yang dibutuhkan kulit juga dapat ditemukan dalam buah berry. Mulai dari strawberry, raspberry, blueberry, dan masih banyak lagi.

Antioksidan yang terkandung pada buah berry disebut juga polifenol. Ini akan membantu memperlambat penuaan dini. Selain itu, juga bisa menghindari risiko kanker kulit.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment