Awas, Ini Sederet Bahaya BPA bagi Kesehatan

24 July 2024 - 06:45 WIB
Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Belakangan ini, pembahasan mengenai bahaya Bisfenol A (BPA) pada air minum dalam kemasan (AMDK) sedang hangat diperbincangkan. Hal ini lantaran Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan aturan baru terkait hal tersebut.

Dalam aturan baru disebutkan, BPOM kini mewajibkan pencantuman potensi bahaya BPA pada AMDK yang memakai kemasan polikarbonat.

Diketahui, banyak sumber berbahan plastik yang menjadi asal paparan BPA. Intensitas dan risiko yang paling signifikan salah satunya adalah galon air minum yang digunakan ulang.

Dilansir dari berbagai sumber, Minggu (21/7/24), berikut sederet bahayanya BPA bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mengganggu Fungsi Otak

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Duke University Medical Center, terungkap bahwa kehadiran BPA menghambat ekskresi klorida dari sistem saraf pusat dan mengganggu kerja otak dalam mengatur gen.

Ekskresi klorida yang terhambat ini dikenal sebagai salah satu poin utama pemicu terjadinya demensia, kondisi Alzheimer, dan berbagai gangguan kognitif lain.


2. Gangguan Kesuburan

BPA juga bisa memicu peradangan, sehingga membuat berbagai organ tubuh lebih mudah rusak. Jika kerusakan terjadi pada organ reproduksi, hal ini bisa menyebabkan masalah kesuburan pada pria dan wanita.

Beberapa riset juga menunjukkan bahwa BPA bisa menyebabkan penurunan kadar hormon testosteron pada pria. Hal ini bisa mengganggu jumlah dan kualitas sperma, sehingga menimbulkan infertilitas.

Sementara pada wanita, BPA bisa mengurangi kadar hormon estrogen, meningkatkan risiko terjadinya PCOS, serta mengurangi kualitas dan jumlah sel telur. Pada akhirnya, paparan BPA dalam jangka panjang bisa membuat wanita sulit hamil.

3. Penyakit Diabetes dan Jantung

Kondisi ini menjadi ancaman serius untuk masyarakat modern. Meski kebanyakan dipicu karena konsumsi karbohidrat tidak sehat yang terlalu banyak, namun ternyata peran paparan BPA yang digunakan pada kemasan produk juga cukup besar.

Paparan BPA dapat meningkatkan risiko peningkatan tekanan darah, diabetes, dan penyakit jantung. Terdapat hubungan antara BPA dan penyakit ini, namun peneliti dan ilmuwan belum dapat menentukan bagaimana keduanya berkaitan secara jelas.

4. Masalah Berat Badan

BPA yang masuk ke dalam tubuh dapat mengganggu produksi insulin dan mengurangi kemampuan tubuh untuk mengontrol gula darah, yang berujung pada peningkatan produksi sel lemak.

Jadi ketika Anda beraktivitas, upayakan sebisa mungkin menjauhkan berbagai produk yang mengandung BPA dari kegiatan yang dilakukan.

5. Risiko Kanker

Meski kanker banyak dihubungkan dengan konsumsi makanan atau minuman, Anda juga harus sadar bahwa kondisi ini dapat berkaitan dengan paparan BPA dalam jangka panjang.

Sebuah studi yang dimuat dalam shopkablo.com menyatakan bahwa BPA dapat menirukan estrogen dan hormon lain, dan berinteraksi dengan sel reseptor untuk memicu perkembangan kanker payudara, kanker ovarium, hingga kanker prostat.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment