Apakah Bumil Boleh Makan Pete? Ini Penjelasannya

29 July 2024 - 06:45 WIB
Shutterstock

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Petai banyak disukai, tapi banyak juga dijauhi karena aromanya yang tajam dan menusuk. Bagi pecintanya, pete atau petai termasuk jenis sayuran yang nikmat diolah menjadi aneka hidangan, mulai dari sambal goreng kentang, campuran nasi goreng, petai bakar atau goreng, hingga lalapan.

Terlepas dari aromanya yang khas dan menyengat, beberapa ibu hamil justru merasa lebih nafsu makan ketika ada pete di dalam menu hariannya. Di sisi lain, tak sedikit yang juga bertanya-tanya apakah ibu hamil boleh makan petai?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, Bumil perlu tahu dulu bahwa layaknya sayuran lain, pete mengandung beragam nutrisi, mulai dari protein, karbohidrat, serat, vitamin B, vitamin C, kalium, dan beta karoten.

Adapun itu, dilihat dari kandungan nutrisinya yang melimpah, jawaban dari pertanyaan bolehkah ibu hamil makan pete adalah boleh ya, Bumil. Ibu hamil tidak dilarang mengonsumsi pete asalkan dalam porsi yang wajar.

Tak hanya untuk ibu hamil, nutrisi yang terkandung di dalam pete juga turut mendukung tumbuh kembang janin, membantu proses pembentukan tulang dan gigi calon bayi, serta meningkatkan imunitas janin agar tetap sehat sampai persalinan nanti.

Ketika mengonsumsi pete, pastikan Bumil juga mengonsumsi makanan bergizi lainnya, seperti ikan, daging sapi, ayam, udang, telur, serta aneka buah dan sayuran. Mengonsumsi makanan bergizi saat hamil sangat penting untuk menjaga kesehatan Bumil juga janin, serta mendukung tumbuh kembang janin agar lebih optimal.

Tak hanya itu, pastikan jumlah pete yang Bumil konsumsi tidak berlebihan, ya. Soalnya, pete mengandung purin dan amonia, sehingga bisa mengganggu fungsi ginjal apabila dimakan terlalu banyak. Tidak hanya itu, mengonsumsi pete terlalu banyak juga bisa menimbulkan bau mulut dan aroma tak sedap pada urine dan kotoran, lho.

Tak hanya itu, Bumil juga tidak perlu memaksakan diri untuk makan pete apabila aromanya bisa memicu keluhan mual muntah atau membuat morning sickness makin parah. Jadi, bijaklah saat mengonsumsinya, ya.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment