10 Makanan yang Mengandung Zinc Tinggi

10 September 2023 - 09:00 WIB
Foto: Ilustrasi

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Zinc, atau seng, adalah mineral penting yang memiliki peran krusial dalam menjaga kesehatan tubuh. Di antaranya untuk Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh, Pertumbuhan dan Perkembangan yang Sehat, Kesehatan Mata, Menjaga Keseimbangan Hormon dan masih banyak manfaat lainnya.

Zinc merupakan mineral yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh sehingga konsumsi makanan yang mengandung zinc perlu dilakukan agar kebutuhan harian terpenuhi.

Kebutuhan zinc setiap orang berbeda-beda tergantung usia dan jenis kelamin. Perempuan dewasa membutuhkan zinc sebanyak 8 miligram dan laki-laki dewasa membutuhkan sebanyak 11 miligram per hari.

Dilansir dari laman alodokter Kekurangan zinc sering dikaitkan dengan rambut rontok, perubahan mood yang lebih cepat, kehilangan nafsu makan, dan diare. Beberapa pilihan makanan yang bisa Anda konsumsi adalah sebagai berikut:

1. Ostrich (Burung unta): Daging burung unta adalah salah satu sumber zinc tertinggi, mengandung sekitar 7 mg zinc per 100 gram.

2. Daging Sapi : Daging sapi yang lebih berlemak, seperti (beef chuck), mengandung sekitar 6-7 mg zinc per 100 gram.

3. Kepiting dan Lobster: Seafood seperti kepiting dan lobster mengandung zinc dalam jumlah yang tinggi, dengan sekitar 6-7 mg zinc per 100 gram.

4. Kacang Cashew: Kacang mete (cashew) adalah kacang yang kaya akan zinc, mengandung sekitar 5-6 mg zinc per 100 gram.

5. Biji Bunga Matahari: Biji bunga matahari mengandung zinc dalam jumlah yang baik, dengan sekitar 5-6 mg zinc per 100 gram.

Baca Juga:  Tanpa Disadari, Gejala Demensia Dapat Dirasakan saat Mendengarkan Musik

6. Daging Domba: Daging domba juga memiliki kandungan zinc yang tinggi, dengan sekitar 5-6 mg zinc per 100 gram.

7. Kacang Kedelai (Soybeans): Kacang kedelai mengandung zinc dalam jumlah yang baik, biasanya sekitar 4-5 mg zinc per 100 gram.

8. Kacang Walnut: Kacang walnut mengandung zinc dalam jumlah yang baik, dengan sekitar 3-4 mg zinc per 100 gram.

9. Ikan Sarden (Canned Sardines): Ikan sarden kalengan mengandung sekitar 2-3 mg zinc per 100 gram.

10. Cokelat hitam : Dalam 100 gram cokelat hitam dengan kadar cokelat 70–85%, terkandung 3,3 miligram zinc. Jumlah tersebut sudah dapat memenuhi 30% kebutuhan zinc harian laki-laki dewasa dan 41% kebutuhan zinc perempuan dewasa.

Perlu diingat bahwa jumlah zinc dalam makanan bisa bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk jenis makanan, metode memasak, dan asal-usul makanan tersebut.

Namun, tetaplah bijak dalam mengonsumsi jenis makanan apa pun. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zinc juga dapat menyebabkan berbagai macam keluhan, seperti dari mual dan muntah, diare, kram perut, atau sakit kepala.

Bahkan, terlalu banyak asupan zinc juga dapat membuat penyerapan tembaga dan zat besi menjadi terganggu.

Bagi yang menderita kondisi medis tertentu, misalnya gangguan penyerapan makanan atau diare yang berkepanjangan, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk mendapatkan takaran asupan zinc yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

(rd/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment