TNI-Polri Dan Disdag Bogor Kerahkan 200 Petugas Gabungan Awasi Distribusi Minyak Goreng

17 March 2022 - 18:12 WIB

Tribratanews.tribratanews.com - Bogor. Polresta Bogor, Jawa Barat mengerahkan 200 petugas gabungan terdiri atas kepolisian, TNI dan petugas Dinas Perdagangan setempat untuk mengawasi distribusi minyak goreng kemasan maupun curah ke 14 pasar yang ada di daerah tersebut.

Kapolresta Bogor Kota Kombes. Pol. Susatyo Purnomo Condro, S.H., S.I.K., M.Si., mengatakan timnya akan memantau setiap hari di pasar untuk memastikan distribusi lancar.

Ke-14 pasar tradisional di Kota Bogor terdiri atas Pasar Devris, Pasar Baru Bogor, Pasar Plaza Bogor, Pasar Blok A dan B Kebon Kembang Bogor (KKB), Pasar Blok F dan G KKB, Pasar Sukasari, dan Pasar Merdeka.

Kemudian, Pasar Jambu Dua, Pasar Padasuka, Pasar Pamoyanan, Pasar Tanah Baru, Pasar Taman Kencana, Pasar Teknik Umum, dan Pasar Gunung Batu.

"Setiap hari tim ini akan memonitor distribusi bisa sampai ke para pembeli itu sesuai dengan aturan," jelas Kapolresta Bogor Kota, Rabu, 16 Maret.

Kapolresta Bogor Kota menyampaikan tim gabungan itu akan memastikan agar tidak terjadi antrean panjang pembelian minyak goreng hingga kemungkinan kericuhan.

Hasil pantauannya di Pasar Baru Bogor harga berkisar Rp14.000 sampai Rp16.000 per liter. Stok minyak goreng kemasan pun memang langka didapat para pedagang, namun stok minyak goreng curah masih cukup tersedia.

Kapolresta Bogor Kota menjelaskan hingga saat ini tim gabungan belum menemukan pelanggaran yang signifikan oleh para pedagang maupun agen. Tim gabungan akan berfungsi mempersuasi pedagang dan mengimbau agar menjual minyak goreng dengan harga yang tidak berlebihan dan jumlah yang dibeli masyarakat juga tidak berlebihan.

"Kalau memang satu orang, satu paket ya begitu adanya," jelas Kapolresta Bogor Kota.

Sementara itu, salah satu pedagang di Pasar Baru Bogor yang berhasil diwawancarai usai ditanyai Kapolresta Bogor Kota dan Wali Kota Bogor, bernama Wati mengatakan minyak goreng sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang dibelinya pada Selasa (15/3) masih dibatasi sebanyak dua kardus per pembelian di toko besar di Pasar Baru Bogor yakni Toko 56.

Menurut Wati, pembelian di agen Toko Makmur juga memberlakukan hal yang sama jika membeli langsung. Oleh karena itu lebih baik membeli kepada toko besar di setiap pasar, sehingga pedagang tidak perlu langsung membeli ke agen.

Agen pun menyiasati agar masyarakat tidak membeli berlebihan dengan menjual minyak goreng Rp14.000 satu paket dengan satu kemasan bihun Rp6.000.

"Jadi yang mau beli minyak goreng belinya satu paket seharga Rp20.000," jelas Wati.

Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan (DiskopUMKMdagin) Ganjar Gunawan, saat diwawancarai usai rapat koordinasi bersama Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan staf lainnya, Selasa,mengatakan kini kewenangan mengenai masalah distribusi minyak goreng telah menjadi kewenangan kepolisian.

"Kami pemerintah kota tidak bisa apa-apa, karena stok minyak goreng menurut pemerintah pusat malah berlebih, surplus. Mengenai distribusi ada di Kepolisian," jelas DiskopUMKMdagin.

Share this post

Sign in to leave a comment