Tinjau Kalikangkung, Kapolri Beberkan Atensi Pengamanan Mudik

3 April 2024 - 20:05 WIB
Dok. Polri

Tribratanews.tribratanews.com - Jateng. Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan peninjauan kesiapan pengamanan mudik di Kalikangkung, Jawa Tengah (Jateng).

Jenderal Sigit mengutarakan, terdapat hal-hal yang menjadi atensi dalam pengamanan mudik tahun ini. Sebab, masih ada 11 titik banjir yang perlu diantisipasi.

“Terdapat 11 titik banjir yang disiapkan jalur altrrnatifnya sehinggal jalur alternatif tersebut dapat menjadi pilihan,” ujar Kapolri dalam konferensi pers, Rabu (3/4/24).

Baca Juga: Ditresnarkoba Polda Kalsel Berhasil Amankan 4 Tersangka Pengedar 4,8 Kg Sabu-Sabu Jaringan Malaysia

Menurut Kapolri, kemacetan tetap menjadi permasalahan utama yang harus diurai dengan baik melalui penambahan pintu tol. Lalu, sistem pembayaran dengan penambahan petugas untuk membantu pemudik yang mengambil tiket tol.

Di sisi lain, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mengurangi jumlah laka lantas, agar masyarakat yang mudik dapat kembali dengan selamat. Disiapkan rest area dan dan jalur-jalur exit untuk mengarahkan ke jalur arteri untuk berheti dan beristirahat.

“Ketiga, terkait masyarakat yg akan mudik, kita himbau untuk yang sudah bisa melaksanakan mudik dapat mendahului, jangan menunggu pada hari H lebaran,” ungkap Kapolri.

(ta/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment