Tingkatkan Sinergitas, Polda Maluku Ajak Tokoh Agama Berkamtibmas

6 August 2024 - 12:00 WIB
Dok. Polda Maluku

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Polda Maluku memperkuat sinergitas bersama tokoh agama dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di provinsi itu.

"Pertemuan hari ini menjadi awal baik dalam membangun dan meningkatkan kerja sama untuk memelihara kamtibmas yang kondusif di Maluku," ujar Kapolda Maluku, Irjen. Pol. Drs. Eddy Sumitro Tambunan, M.Si., Senin (5/8/24).

Hal tersebut disampaikannya saat melakukan kunjungan silaturahmi di sejumlah tokoh agama, dalam mengawali tugasnya sebagai Kapolda Maluku yang baru.

"Sebagai warga baru saya ingin bersilaturahmi dengan ketua dan tokoh agama di Maluku. Saya berharap apabila ada masukan terkait kerja sama dalam memelihara kamtibmas agar kiranya dapat disampaikan," tukasnya.

Ketua MUI Maluku, Abdullah Latuapo berharap Kapolda dapat mengawal pelaksanaan pilkada serentak 2024 agar bisa berlangsung aman dan damai seperti jalannya pemilu presiden dan anggota legislatif yang lalu.

"Polda Maluku dan jajarannya juga diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme dalam pemeliharaan kamtibmas dan penegakan hukum serta penguatan internal, sehingga tetap solid dan mendapat kepercayaan dan dicintai masyarakat Maluku," jelas Abdullah.

Sementara itu, Ketua Walubi Maluku, Welhelmus Jauwerissa menyampaikan terima kasih atas kunjungan Kapolda Maluku dan rombongan di Kantor Walubi Maluku.

"Semoga dengan silaturahmi ini, ke depannya kerja sama dan sinergitas kita dapat terus terjalin dengan baik," tutur Welhelmus.

Senada dengan Ketua Walubi, Ketua GPM Pdt. Elifas T. Maspaitela juga menyampaikan harapan agar Polda Maluku dapat lebih berperan aktif lagi dalam menekan potensi konflik yang kapan saja bisa terjadi di wilayah Maluku.

"Polda Maluku dan jajarannya juga diharapkan dapat lebih tegas dan cepat lagi dalam menuntaskan permasalahan hukum yang ditangani," imbuhnya.

Dalam kunjungannya secara terpisah dengan mendatangi kantor para tokoh agama tersebut, Irjen. Pol. Eddy didampingi Wakapolda Maluku, Brigjen. Pol. Stephen M. Napiun, Dir Intelkam, Dir Binmas, dan Kabid Humas.

(sy/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment