Subsatgas Siber Intensifkan Kegaitan Patroli Media Sosial untuk Jaga Keamanan Pilkada 2024 di NTT

4 September 2024 - 12:36 WIB
Humas Polda NTT

Tribratanews.tribratanews.com - Kupang. Subsatgas Siber Operasi Mantap Praja Turangga 2024 gelar kegiatan patroli siber di media sosial dan media online untuk memantau serta mencegah kejahatan siber yang dapat mengganggu pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, khususnya di wilayah NTT. Rabu (4/9/24)

Kasubsatgas Siber, Ipda Bobby Cristiyanto Phariz Hailitik, S.H., menjelaskan bahwa patroli siber ini menargetkan berbagai platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan TikTok. Fokus utama dari pemantauan adalah mendeteksi konten atau postingan yang bersifat negatif maupun positif terkait tahapan Pilkada. Kegiatan patroli ini dilakukan secara aktif untuk menjaga kelancaran setiap tahapan Pilkada, memastikan informasi yang beredar di dunia maya tidak memicu ketidakstabilan.

“Kami memantau secara intensif setiap konten di media sosial yang berhubungan dengan Pilkada, baik yang bersifat mendukung maupun menghambat proses demokrasi. Postingan yang mengandung hoaks, ujaran kebencian, maupun konten provokatif menjadi sasaran utama. Kami juga mendorong penyebaran informasi positif yang dapat mendukung terciptanya Pilkada yang aman dan damai,” jelas Ipda Bobby Cristiyanto Phariz Hailiti

Selain memantau konten negatif, Subsatgas Siber juga berupaya mendorong masyarakat untuk berperan aktif dalam menyebarkan informasi yang benar dan tidak terjebak dalam penyebaran berita palsu. Upaya ini dilakukan guna menjaga situasi yang kondusif di wilayah NTT, mengingat potensi kerawanan yang dapat muncul dari dunia maya selama proses Pilkada berlangsung.

“Kami mengimbau masyarakat untuk bijak dalam menggunakan media sosial, tidak mudah terprovokasi oleh informasi yang belum tentu benar, dan selalu memverifikasi informasi sebelum menyebarkannya,” ungkap Ipda Bobby Cristiyanto Phariz Hailiti.

Dengan intensitas patroli siber yang terus ditingkatkan, Subsatgas Siber berharap dapat menekan potensi kejahatan siber dan menjaga stabilitas keamanan selama proses Pilkada Serentak 2024 di NTT.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment