Sebanyak 100 Personel Dikerahkan Polda Sumsel untuk Padamkan Karhutla di Ogan Komering Ilir

2 October 2023 - 12:30 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Palembang. Sebanyak 100 personel tambahan dikerahkan Polda Sumsel untuk memadamkan karhutla di Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan. Hal tersebut disampaikan Kapolda Sumsel, Irjen. Pol. Albertus Rachmad Wibowo, S.I.K., M.I.K., di Sumsel.

"Kita menyiapkan personel tambahan selama 10 hari ke depan mereka akan bertugas, untuk memperkuat 360 personel yang sudah ditugaskan terlebih dahulu," ungkap Kapolda Sumsel, dilansir dari laman antaranews, Minggu (1/10/23).

Baca Juga:  Polda Sumsel Akan Periksa Perusahaan Penyebab Karhutla di Ogan Komering Ilir

Irjen. Pol. Albertus Rachmad Wibowo menjelaskan, bahwa wilayah OKI menjadi prioritas dalam pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Pasalnya akibat kejadian itu asap dari wilayah OKI terbawa angin ke arah Kota Palembang. Bantuan dari pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI juga didapatkan dengan menyediakan 10 buah pompa air portabel, 50 gulung selang.

“Kemudian ada juga masker dan kacamata anti asap (masing-masing 100 buah), dan uang makan personel dengan indeks Rp100 ribu per orang per hari selama 10 hari. Untuk sasaran pemadaman terutama di laksanakan di daerah Jungkal, Tulung Selapan, Pampangan, Cengal dan Pedamaran. Nantinya personel kita akan di bawah kendali Dandim, Kapolres OKI dan Kepala BPBD OKI," jelas Kapolda.

"Saya juga sedang mencari jalur ke Kementerian Sosial RI untuk dapatnya menyediakan tenda lapangan, field bed, dapur lapangan, obat-obatan, air minum dan kebutuhan lain yang akan mendukung pelaksanaan tugas anggota di Lapangan," tutup Kapolda.

(bg/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment