Ribuan Personel Kepolisian Siap Amankan Perayaan Waisak di Candi Borobudur

21 May 2024 - 14:30 WIB
Indoindians

Tribratanews.tribratanews.com - Semarang. Polisi akan mengerahkan ribuan personel untuk mengamankan pelaksanaan perayaan Waisak di Candi Borobudur pada 23 Mei 2024 besok.

Seluruh personel kepolisian tidak hanya fokus pada pengamanan perayaan, tetapi juga rekayasa lalu lintas yang menuju ke Candi Borobudur.

Kapolda Jateng, Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.St.Mk., S.H., mengatakan jajarannya memastikan, seluruh rangkaian perayaan Waisak di kompleks Candi Borobudur mendapat penjagaan keamanan dari pihak kepolisian. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di Semarang, belum lama ini.

Dalam keterangannya ia menjelaskan, jajarannya tidak hanya memberikan rasa aman kepada umat yang merayakan Waisak saja tapi juga pengunjung atau wisatawan di Candi Borobudur.

Baca Juga: Kompolnas Rl Kunker ke Wilayah Polda Bengkulu Dalam Rangka Pantau Kesiapan Pilkada 2024

“Tidak hanya kita lakukan pengamanan di tingkat internal tapi kita melibatkan eksternal termasuk ormas. Dan juga TNI juga ikut serta mengamankan jalannya Waisak,” jelasnya, dilansir dari laman radioidola, Selasa (21/05/24).

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jateng, Kombes. Pol. Satake Bayu Setianto, S.I.K., M.Si., menambahkan, seperti tahun sebelumnya prosesi dan detik-detik Waisak tahun ini diprediksi padat pengunjung dari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Prosesi akan menggunakan ruas jalan utama, dan bagi pengguna jalan lainnya dialihkan arus lalu lintasnya untuk sementara waktu sampai rombongan prosesi Waisak selesai tiba di Candi Borobudur.

“Polresta Magelang sudah mengatur dan warga yang akan masuk ke tempat ibadah dilakukan pengecekan. Kesiapan personel sudah siap semua,” ujarnya.

Sebagai informasi, diketahui bahwa rangkaian perayaan Waisak pada 21 Mei 2024 adalah pengambilan api abadi dari Mrapen Grobogan dan disakralkan di Candi Mendut, dan pengambilan air berkah dari Jumprit Kecamatan Ngadirejo, Temanggung disakralkan di Candi Mendut Rabu (22/5).

Selanjutnya pada Kamis (23/5) dilaksanakan Festival Bhumi Mandala dan Puja Zhambala, prosesi jalan kaki dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur. Pada hari yang sama, mulai pukul 17.30 WIB dilaksanakan persiapan detik-detik Waisak.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment