Polri Pastikan Keamanan Seluruh Kontingen PON 2024 di Aceh

6 September 2024 - 16:00 WIB
Dok. Polda Aceh

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Polda Aceh memastikan keamanan seluruh kontingen yang berpartisipasi pada PON 2024 di provinsi ujung barat Sumatra tersebut. Oleh karena itu, seluruh pihak dilibatkan guna menjaga seluruh venue, penginapan atlet dan bahkan wilayah-wilayah yang jadi pusat pertandingan.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kapolda Aceh, Irjen. Pol. Achmad Kartiko, S.I.K., M.H., dalam keterangannya, Jumat (6/9/24) di Banda Aceh.

Menurutnya, tak hanya Polri, pihaknya juga libatkan TNI, Satpol PP, Basarnas dan unsur lainnya. "Polda Aceh bersama stakeholder terkait lainnya berkomitmen jaga keamanan selama perhelatan PON XXI Aceh-Sumut,” ujar Irjen. Pol. Kartiko.

Pengamanan tersebut meliputi lokasi pertandingan atau venue, atlet, official, supporter, hingga masyarakat yang datang menonton pertandingan.

Baca Juga: Kadivhubinter Sebut Alice Guo Masuk Indonesia Secara Legal

Pihaknya mengedepankan kegiatan pre-emtif dan preventif didukung dengan deteksi, serta penegakan hukum untuk mengamankan seluruh rangkaian PON.

Ia menyebutkan, tak yanya itu, TNI-Polri dan pemerintah daerah saling bersinergi dan berkoordinasi dalam menyukseskan event olahraga nasional empat tahunan itu.

“Sinergitas TNI-Polri dan pemda terbangun baik, ini juga wujud komunikasi yang baik, apapun itu akan kita koordinasikan dan evaluasi bersama,” tuturnya.

Jendera bintang dua tersebut mengatakan, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Aceh saat ini sangat kondusif.

Namun, situasi yang demikian tak boleh membuat kita lengah dan tetap waspada, mengingat kesuksesan event besar ini menjadi tanggung jawab semua pihak.

“Secara umum sangat kondusif, ada strategi pengamanan yang akan kita lakukan untuk mengantisipasi setiap perkembangan situasi,” terangnya.

“Intinya kita tetap menjamin keamanan dan memberikan pengawalan baik itu atlet maupun tamu VVIP,” imbuhnya.

(sy/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment