Polda Sultra Kawal Ketat Vaksin Covid - 19 di Bandara Haluoleo

7 January 2024 - 11:06 WIB
www.tribratanews.com - Kendari. Personel Polda Sultra bersama dengan Tim Gabungan mengawal ketat kedatangan vaksin Covid-19 di Bandara Haluoleo, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Vaksin dari PT Bio Farma tersebut tiba di Bandara Haluoleo dan kemudian diantar ke Kantor Dinas Kesehatan Sultra di Kota Kendari. 



Sebanyak 174 orang personel dikerahkan untuk mengawal vaksin covid tersebut. Vaksin Covid-19 yang tiba tersebut sebanyak 20.400,- dosis. Turut hadir dalam proses penerimaan vaksin, yakni Sekda Provinsi Sultra Nur Endang Abas, Karo Ops Polda Sultra, Kombes Pol. Tumpal Damayanus, Dir Intelkam, Kombes Pol. Suswanto, Dansat Brimob, Kombes Pol. Adarma Sinaga, serta Kabid Dokkes Polda Sultra, Kombes Pol. dr. Bambang Triambodo.



Dansat Brimob Sultra, Kombes Pol Adarma Sinaga yang turut mengawal vaksin Covid-19, mengatakan pengawalan dilakukan untuk memastikan vaksin yang diterima sampai dengan baik di Kantor Dinkes Provinsi Sultra. Tidak menutup kemungkinan, kata dia, pengawalan akan dilakukan hingga pendistribusian vaksin ke 17 kabupaten/kota di wilayah Sultra.



Untuk diketahui, vaksin Covid-19 yang digunakan di Indonesia adalah hasil kerja sama PT Bio Farma (Persero) dengan perusahaan vaksin asal China dengan jenis vaksin Sinovac. Vaksin juga telah dilakukan uji klinis.


Sebanyak 1,8 juta dosis vaksin Covid-19 tahap kedua tiba di Indonesia pada 31 Desember 2020. Vaksin ini diterima PT Bio Farma pada hari yang sama. Dengan demikian, jumlah vaksin Covid-19 Sinovac diterima oleh Indonesia sebanyak tiga juta dosis. Semuanya disimpan ditempat di penyimpanan khusus dengan suhu yang tetap terjaga antara 2-8 derajat celsius.



“Persiapan pengawalan ini dilaksanakan dari dua hari yang lalu, dari sterilisasi rute yang akan digunakan, hingga baracuda yang disertakan untuk melindungi personel dalam pelaksanaan tugas,” pungkas Dansat Brimob Polda Sultra.

Share this post

Sign in to leave a comment