Polda Sulsel Siapkan 4.550 Personel: Amankan Natal dan Tahun Baru.

4 December 2024 - 14:15 WIB

www.tribratanews.com - Makassar. Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan mengerahkan 4.550 personel guna mengamankan perayaan Natal dan tahun baru (Nataru). Ribuan pasukan itu tergabung dalam operasi lilin yang akan dilakukan 22 Desember 2024 hingga 2 Januari 2022.

 

Plt Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol. Ade Indrawan, S.I.K., M.H., mengatakan operasi lilin kali ini lebih berfokus untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid 19. Mobilitas warga yang dapat memicu penyebaran virus tersebut dibatasi, agar tidak terjadi gelombang ketiga.

 

"Pimpinan dalam hal ini Kapolda Sulsel,  Irjen. Pol. Drs. Nana Sujana, M.M., menekankan agar setiap satker, baik Polrestabes-Polres untuk belajar dari pengalaman tahun lalu yang mengalami lonjakan. Jadi itu yang kita antisipasi," ujar Kabid Humas Polda Sulsel, Jumat (3/12/21).

 

Ia menembahkan, ribuan personel tersebut stand by secara statis dan mobile. Mereka akan berpatroli di sejumlah titik keramaian, termasuk tempat wisata. Untuk menjaga keamanan personel, Ade enggan merinci jumlah personel di tiap-tiap titik.

 

"Termasuk itu, antisipasi kerawanan teror. Polri menjamin keamanan pelaksanaan Nataru agar tidak kerumunan atau hal-hal yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Iya tentu, razia kembang api, petasan-petasan dan semacamnya," terang Kabid Humas Polda Sulsel.

 

Mantan Kapolres Sidrap ini menyatakan ribuan personel disiagakan pada gereja-gereja dengan melibatkan TNI dan pemerintah pula. termasuk, untuk pengamanan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 yang akan kembali diterapkan pemerintah.

 

Soal penindakan, para personel Polri di lapangan telah diinstruksikan untuk melakukan upaya-upaya yang humanis. "Kami harap semua elemen pemerintah maupun masyarakat bisa tetap menjaga sinergi untuk bagaimana Kamtibmas di Sulsel tetap kondusif," pungkasnya.

Share this post

Sign in to leave a comment