Polda Metro Jaya Prediksi Puncak Arus Balik Libur Panjang Terjadi Hari Ini

1 November 2020 - 13:45 WIB

www.tribratanews.com. Libur Panjang Maulid Nabi Muhammad dan cuti bersama akan berakhir pekan ini. Dirlantas Polda Metro Jaya memprediksi puncak arus balik libur panjang terjadi hari ini.

 

"Prediksinya (arus balik) besok (hari ini, red)," terang Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo, Sabtu (31/10/2020) malam.

 

Hingga saat ini Polda Metro Jaya belum melihat adanya kepadatan kendaraan yang pulang ke Jakarta.

 

"Kendaraan yang masuk Jakarta sampai sore ini relatif masih lancar," jelas Dirlantas.

 

Polda Metro Jaya telah menyiapkan skenario untuk mengantisipasi arus balik di libur panjang akhir pekan ini. Skema tersebut seperti contraflow dan one way.

 

"Kalau bisa kita atur biasa kita lancarkan, jika tidak bisa, kurang juga, kita akan lakukan contraflow begitu masuk wilayah Polda Metro Jaya. Kalau itu pun tidak bisa juga kita laksanakan sistem one way," terang Dirlantas.

 

Polda Metro Jaya juga mengaku telah berkoordinasi dengan pengelola tol. Jika terjadi kemacetan 1 km di pintu masuk tol, maka bisa saja proses pembayaran tol ditiadakan.

 

"Kami juga sudah menyampaikan ke pihak pengelola jalan tol untuk menambah patroli rider, jadi misalnya jika gerbang tol antreannya cukup panjang ada petugas yang berjalan dengan membawa patroli rider sehingga antrean bisa terurai, bahkan jika antreannya mencapai 1 km kita akan berkoordinasi supaya tidak ada pembayaran tol yang penting masyarakat bisa kembali ke rumahnya masing-masing dalam keadaan aman dan lancar dan tentunya sehat," tutup Dirlantas.

 

(rj/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment