Polda Metro Jaya Buka Opsi Kemayoran Jadi Jalur Khusus Road Bike

1 June 2024 - 12:05 WIB

www.tribratanews.com - Jakarta. Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menggelar rapat operasionalisasi jalur khusus road bike. Rapat tersebut juga akan mengevaluasi uji coba pengoperasian jalur khusus, termasuk membuka opsi lain untuk menjadikan kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat sebagai jalur khusus road bike.

 

 

"Apakah jalan layang itu (JLNT Casablanca) cocok nggak atau bisa nggak digunakan sebagai tempat untuk road bike? Atau mungkin kalau perlu kita gunakan kita cari tempat lain, apa di Kemayoran atau di mana gitu. Inilah nanti kita akan evaluasi bersama," jelas Dirlantas Polda Metro Jaya.

 

 

 

Dirlantas Polda Metro Jaya mengatakan pihaknya juga tengah mengkaji wacana untuk melakukan penilangan kepada para pesepeda road bike yang melintas di luar jalurnya. Dia menyebut pihaknya telah mengantongi dasar hukum untuk melakukan penindakan tersebut.

 

 

 

Terkait mekanisme penilangan kepada pesepeda road bike, Kepolisian masih mengkaji teknis penindakan tersebut. Namun dia mengatakan penindakan kepada pesepeda yang melanggar tersebut harus segera dirumuskan untuk mencegah konflik antara pemotor dan pesepeda.

 

 

 

"Untuk melakukan penegakan hukum kepada para pengguna sepeda ini memang dasarnya ada, yaitu Pasal 299 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Disebutkan bagi kendaraan yang tidak bermotor wajib menggunakan jalur yang sudah ditentukan dan diatur dalam Pasal 122 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Ini masalah mendesak karena saya khawatir kalau ini dibiarkan suatu saat akan terjadi keributan antara pengendara sepeda motor dengan pengendara sepeda khususnya road bike. Apalagi sebetulnya sudah ada jalur sepeda yang disiapkan oleh pemerintah, khususnya di jalan Sudirman-Thamrin," jelasnya.

 

 

 

Untuk diketahui Beberapa hari terakhir, pesepeda road bike yang melintas di luar jalur sepeda memang menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Tindakan road biker yang melintas di luar jalur sepeda memicu perdebatan antara pemotor dan pesepeda.

 

 

 

Meski telah disediakan jalur khusus, para road bikers tetap terpantau melintas di luar JLNT Casablanca. Beberapa unggahan di media sosial menunjukkan konvoi road biker melintas di jalur Sudirman-Thamrin.

 

 

 

Tindakan itu menimbulkan polemik dan protes di masyarakat. Salah satunya yang berujung viral di media sosial memperlihatkan foto seorang pemotor berpelat AA mengacungkan jari tengah kepada pesepeda road bike yang melintas di jalur kanan jalan Sudirman-Thamrin.

Share this post

Sign in to leave a comment