Polda Kaltim Gelar Simulasi Pengawalan Tamu VIP HUT RI ke - 79 di IKN

16 August 2024 - 09:30 WIB
detik

Tribratanews.tribratanews.com - Polda Kaltim laksanakan simulasi pengawalan pemberangkatan tamu VIP dari Balikpapan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) saat perayaan HUT ke-79 RI. Nantinya sebanyak 29 unit bus akan digunakan untuk mengangkut para tamu VIP tersebut.

"Masing-masing 15 unit stand by di Mako Polresta Balikpapan untuk penjemputan upacara pagi dan 14 unit stand by di Islamic Center Balikpapan untuk penjemputan sore," jelas Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol. Yuliyanto, S.I.K., M.Sc., dilansir dari detik.

Pihaknya akan mengawal total 85 unit kendaraan bus dan 17 unit non EV bus. Kendaraan tersebut untuk tamu VIP dan undangan lainnya yang akan menuju IKN saat upacara HUT ke-79 RI.

"Polda Kaltim berkomitmen untuk memberikan pengawalan yang profesional dan efisien guna menjamin keamanan dan kenyamanan para tamu VIP selama perjalanan menuju IKN dari keberangkatan hingga kepulangan," tambahnya, Kamis (15/8/24).

Simulasi merupakan bagian dari rangkaian persiapan pengamanan menjelang perayaan nasional yang akan dihadiri oleh pejabat tinggi negara dan tamu penting lainnya.

"Simulasi ini bertujuan untuk menguji kesiapan personel dan sarana prasarana dalam menghadapi berbagai skenario yang mungkin terjadi di lapangan," ungkapnya.

Kombes Pol. Yuliyanto, S.I.K., M.Sc., menuturkan selain mempersiapkan personel, simulasi juga bertujuan untuk memastikan kondisi rute jalan yang akan dilalui tamu VIP. Kemudian respons personel dalam menghadapi situasi tertentu.

"Dalam simulasi tersebut, berbagai aspek pengamanan diuji, termasuk rute perjalanan, koordinasi antar satuan, serta respons terhadap situasi darurat," tuturnya.

"Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua personel dapat bertindak cepat dan tepat dalam setiap kondisi," tutupnya.

(ek/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment