Polda Kalteng Luncurkan Mobil Dapur Lapangan

30 April 2024 - 10:13 WIB
www.tribratanews.com. – Palangka Raya. Polda Kalteng melaunching atau meluncurkan mobil dapur lapangan bantuan dari Korps Brimob Polri. Peluncuran tersebut langsung dilakukan Kapolda Kalteng, Irjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., di markas Brimob, Tangkiling, Kamis (29/4/2021). 
 
"Mobil dapur lapangan ini sangat membantu anggota di lapangan seperti TNI, Polri, Manggala Agni, ketika terjadi bencana," terang Kapolda. 
 
Disebut sebagai mobil dapur karena di dalamnya terdapat alat memasak lengkap. Bahkan, mampu menyiapkan makanan sampai 2.000 kotak selama 1 jam. Artinya, lanjut kapolda, mobil ini sangat membantu mendukung tugas di lapangan ketika sewaktu-waktu terjadi bencana, baik itu banjir maupun lainnya termasuk bencana karhutla.  
 
"Nanti akan diujicobakan pada saat Operasi Ketupat 6 Mei dan semoga bisa bermanfaat," ungkapnya.   
 
Selain mobil tersebut, Kapolda juga meluncurkan mobil taktis pengendali anti anarkis yang juga dari Korps Brimob. Jumlahnya ada 2 unit. "Ini sudah diuji coba di Jakarta dan hasilnya efektif dalam rangka pengendalian massa. Tetapi kita berharap, Kalteng tetap kondusif," tambahnya. 
 
Tidak hanya dua jenis mobil itu, turut diluncurkan 15 kendaraan pengurai massa (Raimas) yang siap membantu tugas di lapangan.  Sekedar diketahui, peluncuran mobil itu ditandai dengan penyerahan kunci kepada setiap operator mobil. Selanjutnya, dilakukan tampung tawar berikut pengecekan mobil tersebut. 

Share this post

Sign in to leave a comment