Polda Babel Gelar Sispamkota Pilkada Serentak 2024

19 August 2024 - 22:00 WIB
polda babel

Tribratanews.tribratanews.com - Pangkal Pinang. Polda Bangka Belitung menggelar simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) Pilkada Serentak 2024 dalam rangka Operasi Mantap Praja Menumbing 2024 di Halaman Upacara Kantor Gubernur Babel, Senin (12/8/24).

Kapolda Bangka Belitung Irjen Pol Hendro Pandowo mengatakan simulasi ini untuk menunjukkan kesiapan Polda Babel yang didukung oleh Korem 045/Gaya dan pihak terkait dalam pengamanan rangkaian Pilkada Serentak mendatang.

“Ini menunjukkan kesiapan dari Polda Bangka Belitung didukung oleh Korem 045/Gaya dan seluruh Forkompinda kesiapan kita untuk melaksanakan seluruh rangkaian pengamanan Pilkada sampai nanti dengan pelanggan pejabat terpilih. Smoga semua nanti berjalan dengan aman tertib kondusif,”ujar Kapolda Babel.

Kapolda Babel menjelaskan personel yang diturunkan pada Operasi Mantap Praja Menumbing 2024 ini sebanyak 3.100 personel. Proses rangkaian pengamanan pilkada mulai berjalan sampai dengan pelantikan pada Januari 2025.

“Polda Babel didukung oleh TNI Forkompinda siap melaksanakan pengamanan Pilkada,” ujarnya.

Menurut Kapolda Babel, anggota yang terlibat dalam pengamanan ini dengan tahapan pelatihan sudah mengetahui apa yang harus dikerjakan dimana dia bertugas, koordinasinya bagaimana, sehingga siap melayani pengamanan pesta demokrasi tingkat lokal ini.

“Langkah-langkah sudah dilakukan kita rapat lintas sektoral koordinasi himbauan dan intelijen semua melaksanakan kegiatan pilkada,” tuturnya.

Kapolda Babel juga memastikan, kondusifitas di Bangka Belitung menjelang pilkada masih kondusif jika berkaca dari Pemilu Februari lalu di Babel berjalan aman.

“Alhamdulillah kalau kita lihat pengamanan pilpres kemarin semua berjalan dengan aman, ada beberapa hal kekurangan seperti surat suara tapi itu sudah ditangani oleh KPU. Sampai sejauh ini aman kondusif,” ungkapnya.

(mz/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment