Polantas Surabaya Kini Dipasangi Kamera Bodi dan GPS

16 October 2023 - 16:46 WIB
memorandum

Tribratanews.tribratanews.com - Surabaya. Personel Satlantas Polrestabes Surabaya saat ini melengkapi anggotanya dengan bodycam yang terkoneksi dengan GPS. Selain agar keberadaan anggota selalu terpantau, alat tersebut juga bertujuan mencegah penyimpangan saat anggota melaksanakan tugas.

Kasatlantas Polrestabes Surabaya, AKBP Arif Fazlurrahman, S.H., S.I.K., menjelaskan bahwa bodycam tersebut terintegrasi dengan Command Center Polrestabes Surabaya. Lokasi polisi yang menggunakan kamera tersebut juga terpantau secara real time.

"Sekarang masih dalam tahap uji coba," jelas Kasat Lantas, Minggu (15/10/23).
Baca Juga: Menteri BUMN Sebut Pasar MotoGP Indonesia Makin Solid

Kasat Lantas mengungkapkan bahwa satlantas sebenarnya sudah memakai bodycam sejak tahun lalu. Fungsinya adalah memastikan tidak ada personel yang melakukan tindakan menyimpang, seperti melakukan pungutan liar ke pelanggar lalu lintas.

Dengan kamera bodi itu, dia, personel juga punya bukti kuat ketika menilang pelanggar. Ia mengungkapkan bahwa body cam tersebut itu kini terintegrasi dengan command center dan memiliki fitur GPS. Tujuannya, mempermudah petugas di ruang pusat kendali ketika mendapat laporan kecelakaan.

"Bisa mempercepat pergeseran personel. Bisa dipilih yang paling dekat dengan lokasi," jelasnya.

(my/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment