PJU Polda Sumbar Ikuti Lomba Menembak Peringati HUT Brimob

13 November 2020 - 10:52 WIB
www.tribratanews.com – Padang. epolisian Daerah Sumatra Barat menggelar lomba menembak antara sesama Pejabat Utama dalam rangka memperingati hari ulang tahun Korps Polri. Perlombaan dilaksanakan di lapangan tembak Sekolah Polisi Negara Polda Sumbar.  

Lomba peringatan HUT Brimob tersebut dimulai pukul 08.30 WIB. Dua kategori perlombaan yaitu senjata api laras panjang dan laras pendek. Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Toni Harmanto mengawali lomba, menembak dengan menggunakan senjata api laras panjang. Selanjutnya diikuti oleh Irwasda Polda Sumbar, Kombes Pol. K. Rahmadi dan pejabat utama Polda Sumbar lainnya.  

Untuk diketahui, dalam uraian sejarah di situs resmi Brimob disebutkan, hari ulang tahun korps Polri ini ditetapkan oleh Menteri Kepala Kepolisian Negara No. Pol. 23 /61/ tanggal 12 Agustus 1961. Tahun 1961 itu diperingati sebagai hari Brimob ke-16. Pada tanggal 14 November 1961 tersebut, Presiden Soekarno selaku inspektur upacara menganugerahkan Pataka “Nugraha Cakanti Yana Utama“ sebagai penghargaan pemerintah atas pengabdian dan kesetiaan Mobile Brigade.  

Saat itu pula Presiden secara resmi mengubah nama dari Mobile Brigade menjadi Brigade Mobil. Perubahan tersebut dilakukan untuk menyesuaikan nama korps Brimbob sesuai kaidah Bahasa Indonesia. Sebelum itu, korps ini telah mengalami perubahan nama beberapa kali, dari Tokubetsu Kaisatsu Tai, Polisi Istimewa, Mobrig (Mobil Brigade) dan Brimob (Brigade Mobil).

Share this post

Sign in to leave a comment