Pesan Menko Polhukam Kepada Sentra Gakkumdu

13 July 2023 - 21:34 WIB
Foto: Dok. Antara

Tribratanews.tribratanews.com - Makassar. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, meminta Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) wilayah Sulawesi melakukan antisipasi sejak dini dugaan pelanggaran di masa tahapan Pemilu 2024.

"Kegiatan Forum Koordinasi ini dengan harapan agar pelanggaran pemilu bisa diantisipasi dari sekarang," ujar Menko Polhukam dikutip dari Antara, Kamis (13/7/23).

Baca Juga:  Bareskrim Akan Kembali Panggil Panji Gumilang

Menko Polhukam menjelaskan, Sentra Gakkumdu tidak perlu segan-segan menindak para pelanggar pemilu yang telah terbukti melakukan tindak pidana. Namun, ia menegaskan, selain penindakan, Sentra Gakkumdu juga harus menekan terjadinya gugatan sengketa Pemilu di tingkat Mahkamah Konstitusi (MK).

"Ini untuk memperkecil kemungkinan terjadi gugatan ke MK. Karena terkadang kecurangan itu terjadi dilakukan oleh pemain secara horizontal," jelasnya.

Oleh sebab itu, Menko Polhukam berharap agar penyelenggaraan pemilu kali ini sehat dan berintegritas. Ia berpesan semua pihak ikut bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban pesta demokrasi ini, karena tahapan pemilu sudah mulai masuk.

(ay/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment