Pasca Kenaikan Harga BBM, Kapolda Jambi Gelar Rapat Internal Bersama Kepala Daerah dan Sekda Provinsi Jambi

5 September 2022 - 11:21 WIB

Tribratanews.tribratanews.com - Jambi. Kapolda Jambi, Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo menggelar rapat internal bersama Sekda Jambi dan Pimpinan Kabupaten/Kota Jambi dalam rangka mengantisipasi terjadi gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), rapat dilaksanakan melalui Zoom Meeting, Minggu (04/09/22).

Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol. Mulia Prianto menjelaskan pelaksanaan rapat Kapolda guna berkoordinasi terkait tinggi nya inflasi dan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), sekaligus memberi arahan langkah-langkah penanganan jika terjadi gangguan Kamtibmas di Provinsi Jambi.

"Pada rapat tersebut Kapolda Jambi menyampaikan kepada seluruh Pimpinan Pemerintah Daerah, Kapolres dan Dandim untuk dapat bersama-sama membantu memitigasi permasalahan kenaikan BBM yang menyebabkan kenaikan inflasi terutama di Provinsi Jambi," terang Perwira Menengah Polda Jambi

Kombes Pol. Mulia Prianto mengatakan bahwa Kapolda Jambi memberikan beberapa rekomendasi terkait penanganan kenaikan harga BBM yaitu

1) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi segera memutuskan pelaksanaan Operasi Pasar dengan menentukan HET (melalui Surat Edaran) kemudian melakukan kerjasama dengan Badan Pangan Nasional serta BULOG.

2) Pemerintah diharapkan mengeluarkan Surat Edaran kepada seluruh pengelola SPBU untuk tidak menjual BBM bersubsidi secara langsir yang berpotensi disalahgunakan.

3) Kapolda berharap pemerintah daerah melalui Kepala Desa/Lurah dapat mengeluarkan surat pengantar kepada masyarakat yang berhak mendapatkan BBM bersubsidi dan keempat, Kepada para Kapolres/Ta dan Dandim Se-Provinsi Jambi bersama Kesbangpol berkoordinasi dan audensi bersama kelompok elemen masyarakat yang menolak penyesuaian harga BBM bersubsidi

Kapolda Jambi menegaskan jika ada unjuk rasa (Unras) dari mahasiswa maupun kelompok masyarakat lainnya agar diterima, supaya tidak ada benturan. Polri akan hadir untuk menjaga keselamatan, keamanan selama terjadinya unjuk rasa.

"Kapolda Jambi juga memberi arahan agar saat unjuk rasa tetap kondusif, lakukan langkah Preemtif dan Preventive, langkah Preemtif dengan cara berkoordinasi dan langkah Preventiv melakukan mitigasi, diharapkan dengan begitu dapat sama-sama memahami dalam rangka transparasi penanganan inflasi," tutup Kabid Humas Polda Jambi.

# BBM

Share this post

Sign in to leave a comment