Padatnya Wisatawan Hari-2 Libur Lebaran, Polda Jateng Kerahkan Ratusan Personil

3 May 2022 - 17:16 WIB

www.tribratanews.com - Semarang. Lebaran hari kedua diprediksi menjadi masa puncak libur Lebaran. Ribuan warga akan berkunjung ke berbagai tempat strategis untuk menghabiskan masa libur lebaran 2022.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes. Pol. Muhammad Iqbal Alqudusy, S.H., S.I.K., mengatakan pihaknya telah memprediksi bahwa Selasa (3/5/22) akan terjadi ledakan pengunjung di berbagai pusat strategis. 

Hal ini karena banyak pemudik yang ingin menghabiskan masa libur lebaran di Jateng disamping silaturahmi bersama sanak keluarga di kampung halaman.

Menurut Kabid Humas Polda Jateng pusat keramaian ada tempat wisata, perbelanjaan, sentra oleh oleh, tempat makan dan lain lain.

"Di Jawa Tengah tempat wisata yang diperkirakan ramai antara lain Tawangmangu, Barutaden, Guci, Kopeng, Borobudur, wisata pantai dan lain lain," jelas Kabid Humas Polda Jateng.

Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.H., S.St., M.K., telah memerintahkan anggotanya dari Dit Pam Obvit untuk mengamankan tempat-tempat tersebut.

"Ada 100 Anggota Pam Obvit untuk berbagai wilayah di Jateng. Jumlah ini tentunya bakal diperkuat dengan personil polres jajaran. Personil polres terjun sesuai tingkat kebutuhan dan kepadatan pengunjung," jelas Kapolda Jateng.

Tugas personil diantaranya koordinasi dengan pengelola tempat wisata dan lain-lain, dengan instansi terkait, maping kerawanan area, dan patroli dialogis.

"Juga patroli edukasi dan penegakkan protokol kesehatan,  pengamanan lokasi wisata dan pengunjung,  cek kapasitas pengunjung dan lain-lain," rincinya.

Kabid Humas Polda Jateng mengatakan bahwa petugas di tingkat polres jajaran akan menyediakan gerak vaksinasi booster. Yang belum booster akan diajak untuk vaksinasi.

"Dengan cara ini, kita optimis mudik dan wisata tahun ini aman serta sehat. Kami minta kepada wisatawan agar menjaga barang bawaan secara benar sehingga tak memancing pelaku kejahatan. Selain itu, tetaplah patuh protokol kesehatan," jelas Kabid Humas Polda Jateng.


Sumber : tvonenews.com


Share this post

Sign in to leave a comment