Menyusul Cuaca Ekstrem dan Hujan Deras, Kapolda Perintahkan Tim SAR Polda dan Jajaran Siaga Bantu Daerah Terdampak Bencana di Ambon

14 July 2023 - 16:15 WIB
Foto: spektrumonline

Tribratanews.tribratanews.com - Ambon. Kapolda Maluku, Irjen. Pol. Drs. H. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., memerintahkan kepada tim SAR Polda maupun Polres jajaran agar siaga untuk membantu daerah yang terdampak bencana alam, terkait adanya cuaca ekstrem dan hujan deras yang sedang melanda sejumlah wilayah di Provinsi Maluku.

"Saya sudah perintahkan tim SAR baik dari Polda, maupun Polres jajaran untuk siaga bencana dan membantu daerah yang terkena dampak bencana alam," jelas Kapolda Maluku, Kamis (13/7/23).

Kapolda menambahkan kepada para Kapolsek dan Bhabinkamtibmas agar senantiasa melakukan monitoring dan mengecek situasi maupun kondisi di wilayah tugas masing-masing.

Kapolda juga telah memerintahkan tim SAR Polda maupun Polres/ta jajaran untuk mempersiapkan personel dan peralatan SAR dalam mengantisipasi bencana alam. Bahkan, tim SAR juga diperintahkan untuk dapat membantu masyarakat yang ikut terkena dampak musibah bencana alam seperti banjir, tanah longsor maupun pohon tumbang.

Baca Juga:  Prakiraan Cuaca Hari Ini Untuk Wilayah Jakarta

Jenderal Bintang Dua itu juga meminta kepada juga untuk selalu berhati-hati dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Pasalnya, situasi maupun kondisi alam saat ini tidak menentu, dan sewaktu-waktu dapat berubah ekstrem.

"Saat ini sudah ada daerah yang terdampak, sehingga masyarakat harus selalu waspada," tambahnya.

Untuk warga yang mendiami wilayah bantaran sungai, lereng-lereng gunung dan daerah rawan lainnya juga diharapkan selalu waspada apabila terjadi hujan deras, maupun angin kencang.

"Polda dan Polres jajaran agar selalu siaga personel dan peralatan serta selalu koordinasi dengan BNPB maupun Basarnas untuk antisipasi," tutup Kapolda.

(my/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment