Launching E-TLE, Polda Jatim Wujudkan Keinginan Masyarakat

23 March 2024 - 14:41 WIB
www.tribratanews.com. – Surabaya. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menerapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mulai Selasa, 23 Maret 2021. Penerapan ini secara resmi dilaunching secara virtual oleh Korlantas Polri, dan diikuti oleh 12 polda di Indonesia. Untuk Polda Jatim, kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Mahameru Mapolda Jatim. 
 
Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Dr. Nico Afinta, S.I.K., S.H., M.H., dalam sambutannya mengatakan bahwa inovasi ini dibuat untuk memenuhi keinginan masyarakat, khususnya bidang pelayanan yang dilakukan Ditlantas.
 
"Perubahan-perubahan tersebut menuntut pembenahan organisasi Polri, dalam memenuhi keinginan masyarakat. Salah satu   parameter keberhasilan tugas Polri adalah tingkat kepuasan masyarakat terkait dengan pelayanan yang diberikan Polri," ungkap Kapolda, Selasa (23/3/2021). 
 
Selain itu, Kapolda juga mengatakan untuk mengakomodir hal itu, jajaran Polda Jatim setiap satker membuat program-program, sehingga parameter tingkat kepuasan pelayanan masyarakat terhadap Polri bisa tercapai. 
 
"Ada tiga tugas pokok Polri yaitu pertama, melindungi, dan mengayomi masyarakat; kedua, menjaga ketertiban masyarakat; ketiga, penegakan hukum. Tentu Polri tidak bisa bekerja sendiri, dalam pelaksanaannya Polri harus bekerja dengan stake holder yang lainnya dalam suatu sistem," jelasnya. 
 
"Terkait dengan ETLE dan INCAR, maka kuncinya adalah penegakan hukum, maka Polri harus bekerja sama dengan stakeholder yang lainnya. Diantaranya pembayaran denda kita lihat ada bank, terkait dengan delivery sistem di sini kami lihat ada Grab dan PT Pos. Kita harus meningkatkan komunikasi dengan semua pihak, sehingga program-program yang sudah dicanangkan bisa berjalan dengan baik," tambahnya. 
 
Kapolda juga berharap, inovasi pelayanan Polri melalui Ditlantas Polda Jatim mampu memaksimalkan pelayanan, sehingga dapat memuaskan masyarakat, sekaligus memberikan rasa aman di saat berlalu lintas.

Share this post

Sign in to leave a comment