Kapolda NTT Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Turangga dari Tanggal 15 Juli Hingga 28 Juli 2024

15 July 2024 - 11:00 WIB
Humas Polda NTT

www.tribratanews.com - Kupang. Kapolda NTT, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A., memimpin upacara gelar pasukan dalam rangka Operasi Patuh Turangga tahun 2024, di Lapangan Mapolda NTT. Senin (15/7/24)

Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga menyampaikan bahwa operasi ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin dari masyarakat dalam berkendara dan berlalu lintas serta meminimalisir kecelakaan dan pelanggaran yang terjadi

Permasalahan dalam bidang lalu lintas telah berkembang pesat seiring dengan peningkatan jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang membutuhkan mobilitas dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini mendorong Polri, khususnya Polantas, untuk terus berinovasi dan meningkatkan kinerja sesuai dengan program Kapolri yang menekankan presisi (prediktif, responsibilitas, transparansi berkeadilan).
Baca Juga: Wujudkan Indonesia Sehat, BPOM Komitmen Tingkatkan Literasi Pengawasan Obat dan Makanan


Menurut data dari Integrated Road Safety Management System (IRSMS) Ditlantas Polda NTT, jumlah kecelakaan lalu lintas pada semester I tahun 2024 mengalami penurunan signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Terjadi penurunan 18% pada jumlah korban meninggal dunia, 10% pada korban luka berat, dan 5% pada korban luka ringan. Meskipun demikian, jumlah pelanggaran lalu lintas meningkat 66% dibandingkan tahun sebelumnya, menjadi perhatian serius yang perlu diatasi.

Operasi Patuh Turangga 2024 yang dilaksanakan selama 14 hari, mulai dari tanggal 15 Juli hingga 28 Juli 2024, merupakan bagian dari upaya Polri untuk menciptakan kondisi Kamseltubcar Lantas yang mantap.

"Operasi ini difokuskan pada kegiatan edukatif, persuasif, dan humanis guna meningkatkan kesadaran masyarakat serta meminimalisir gangguan yang dapat menghambat kelancaran berlalu lintas" jelas Kapolda NTT.

Kapolda NTT juga menggarisbawahi beberapa langkah strategis selama pelaksanaan Operasi Patuh Turangga 2024 yakni menteksi dini terhadap lokasi rawan kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas, pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat melalui berbagai media sosialisasi dan edukasi.

"Bangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas serta meningkatkan sinergisitas dengan semua pemangku kepentingan, termasuk TNI, pemerintah daerah, tokoh masyarakat, dan media massa. Hindari tindakan kontraproduktif yang dapat merusak citra Polri. Lakukan penegakan hukum secara humanis terhadap pelanggar lalu lintas. Dengan kerjasama semua pihak, kami optimis Operasi Patuh Turangga tahun 2024 dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi keamanan dan ketertiban masyarakat dalam berlalu lintas," jelas Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga.

Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga juga menyampaikan untuk Operasi ini juga diharapkan mampu mengurangi angka fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas, serta menciptakan lingkungan berlalu lintas yang aman dan kondusif bagi semua pengguna jalan. Semua pihak diajak untuk mendukung dan berpartisipasi aktif dalam mencapai tujuan bersama tersebut.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment