Kapolda Metro Jaya Meresmikan Street Race, Ada 39 Titik Rawan Balap Liar di Wilayah Hukum Polda Metro Jaya

17 January 2022 - 14:14 WIB
www.tribratanews.com – Jakarta. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Dr. Drs. H. Mohammad Fadil Imran, M.S.I., resmi membuka ajang Street Race sebagai wadah untuk para pembalap liar, balapan digelar dikawasan Ancol, Sabtu (16/01/2022).

Kapolda Metro Jaya berharap, melaui ajang resmi ini tidak ada lagi kegiatan balap liar dikawasan hukum Polda Metro Jaya, dikarenakan balapan liar membahayakan keselamatan banyak pihak.

“Hari ini Polda Metro Jaya telah mewadahi para pemabalap liar harapannya tidak ada lagi kata balap liar, yang ada transformasi balap jalanan,” Ucap Kapolda Metro Jaya.

Selanjutnya, ia mengatakan nantinya setiap joki, pemilik bengkel, ataupun mekanik yang kerap melakukan aksi balap liar akan diberikan wadah untuk melakukan kegiatan tersebut.Polisi mencatat ada 39 titik di wilayah hukum Polda Metro Jaya yang rawan digunakan untuk balap liar.

“Ada 39 lokasi di seluruh wilayah Polda Metro jaya, yang sering dijadikan aksi balapan liar,” Ucap Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo, S.I.K., M.T.C.P, Senin (17/01/2022).

Dirlantas Polda Metro Jaya mengatakan, ajang Street race akan digelar secara rutin dalam waktu dekat akan digelar di Tangerang Selatan, Bekasi, san Tangerang. Diharapkan melalui ajang ini angka aksi balap liar dan kecelakaan bisa ditekan.

“Jadi mereka punya wadah, tidak lagi melaksanakan balapan ditempat umum dengan menutup jalanan tetapi mereka sudah kita wadahi untuk melaksanakan balapan ditempat yang sudah kita buat. Dengan demikian keamanan lebih terjaga tidak menggangu arus lalu lintas dan masyarakat,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya.

Dirlantas Polda Metro Jaya selanjutnya, mengklaim bahwa balapan jalanan yang digagas oleh kepolisian ini bisa mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

Acara balapan ini yang diselenggarakan di Ancol, setidaknya diikuti oleh 350 pembalab. Balapan dibagi dalam 8 (delapan) kelas, yakni Matic, sport dua tak, kelas sunmori, bebek dua tak, bebek empat tak, kelas FFA, sport 4 tak, dan kelas vespa.

Share this post

Sign in to leave a comment