Kapolda Jateng Pantau Langsung Arus Mudik 2024 dan Menerapkan Bentuk One Way Lokal Kalikangkung-Bawen

8 April 2024 - 08:45 WIB
Humas Polri

Tribratanews.tribratanews.com - Semarang. Kapolda Jawa Tengah, Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.St.Mk., S.H. , bersama Dirlantas Polda Jateng. Kombes pol Sonny Irawan, melakukan pengecekan terhadap arus mudik lalu lintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung pada malam ini. Kegiatan ini dilakukan dalam upaya mengatasi kepadatan arus mudik yang terjadi di Tol dalam Kota Semarang. Minggu, (7/4/24)

Irjen Pol Ahmad Luthfi, menungkapkan sebagai upaya untuk mengurai kepadatan arus mudik, Polda Jateng akan kembali menerapkan sistem One Way Lokal dibawah kendali Dirlantas Polda Jateng.

“Sore tadi terjadi perlambatan sekitar 5 kilometer di daerah sini. Hari ini ada perlambatan, bukan macet ya, tapi perlambatan sekitar 5 kilometer, di Manyaran. Kita akan perintahkan Dirlantas untuk segera one way kembali,” ungkap KIrjen Pol Ahmad Luthfi

Baca Juga: Wajib Tahu, Hari Ini Hingga 15 April 2024, Ganjil Genap di Jakarta Tidak Diberlakukan

Kapolda Jateng mengungkapkan bahwa selain jalur tol, Polda Jateng juga melakukan upaya pengamanan di sejumlah ruas arteri khususnya pantura. Pengawalan terhadap para pemudik juga dilakukan untuk menjaga keamanan dan keselamatan di sepanjang perjalanan.

“Khusus jalur Pantura memang sudah kita sengaja bahwa dari mulai Brebes kita lakukan cek poin, jadi masyarakat yang menggunakan kendaraan roda dua kita kumpulkan dari chek point Brebes kemudian beranting ke Tegal ke Pemalang, Batang sampai ke tempat tujuan masing-masing,” Kapolda Jateng.

Irjen Pol Ahmad Luthfi juga mengingatkan kepada pengguna jalan untuk mengutamakan keselamatan dan kenyamanan dalam perjalanan. Pihaknya menghimbau masyarakat untuk menghubungi petugas bila mengalami kendala di perjalanan.

“Harapan saya yang naik kendaraan, kendaraan dan fisik menjadi prioritas utama. Apabila kita menggunakan kendaraan dari Jakarta, gunakan rest area, checkpoint kalau mengalami hambatan hubungi petugas,” imbuhnya.

Kapolda Jateng juga menyampaikan pengaturan arus mudik nasional, one way akan diberlakukan hingga tanggal 9 April, mengikuti keputusan Mabes Polri. Masyarakat diharapkan untuk mematuhi petunjuk dan arahan petugas demi kelancaran perjalanan mudik, serta mengucapkan terimakasih kepada Pemudik yang sudah mematuhi aturan

“Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat kita yang telah membantu mematuhi rambu-rambu dan instruksi petugas sehingga pelaksanaan mudik berjalan lancar. Semoga selamat hingga tiba di tujuan,” tutup Kapolda Jateng.

(pt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment