Kadin Berharap Propam Polri Kawal Pemulihan Ekonomi

24 March 2022 - 18:22 WIB

Tribratanews.tribratanews.com - Jakarta. Pengusaha berharap Polri khususnya Divisi Pengamanan Provesi (Propam), menjadi pengawal pemulihan ekonomi nasional.

Ketua Umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan Polri memiliki peran mengawal pemulihan ekonomi nasional demi menciptakan kedisiplinan bangsa, menjaga keamanan, dan kestabilan situasi sosial untuk menjaga kondusivitas ekonomi serta iklim investasi.

Optimisme Ketum Kadin Indonesia terhadap peran Propram Polri itu dikemukakan dalam diskusi panel berkaitan dengan Rakernis Propam Polri di Auditorium PTIK, Jakarta Selatan, Selasa,(22/3/22).

Ketum Kadin Indonesia mengatakan Polri berperan penting mengawasi pelaksanaan kebijakan Program PEN agar tidak terjadi penyelewengan dan penyalahgunaan. Selain itu peran Polri memberikan pelayanan publik yang tanggap dan responsif.

Ketum Kadin Indonesia mengeluhkan masih ada oknum anggota Polisi yang justru menghambat terwujudnya kedisiplinan dan pemulihan ekonomi nasional sehingga perlu ada penguatan di internal Korps Bhayangkara tersebut.

Bentuk hambatan yang dimaksud,jelas Ketum Kadin Indonesia, adalah pungutan liar atau pemerasan dalam proses perizinan usaha. Penyelewengan otoritas terhadap pelaku usaha dengan alasan penyelidikan tindak pidana, termasuk oknum yang menjadi beking usaha-usaha ilegal.

Ketum Kadin Indonesia juga mengeluhkan ada oknum anggota yang tidak responsif pada laporan gangguan kamtibmas yang menghambat pemulihan ekonomi nasional.

Ketum Kadin Indonesia berharap, solusinya perlu kolaborasi yang inklusif antara Polri, Divisi Propam Polri, dan masyarakat dalam mewujudkan kedisiplinan serta pemulihan ekonomi nasional. Penguatan Divisi Propam Polri akan mencetak aparat kepolisian berkualitas.

Share this post

Sign in to leave a comment