Jelang Pilkada 2024, Polres Kapuas Hulu Gelar Simulasi Pengamanan Kota

26 August 2024 - 11:00 WIB
rri

Tribratanews.tribratanews.com - Kapuas Hulu. Polres Kapuas Hulu gelar Simulasi Pengamanan Kota (Sispamkota) kegiatan ini sebagai bentuk Operasi "Mantap Praja Kapuas-2024", Minggu (25/8/24).

Simulasi ini dilaksanakan untuk mempersiapkan seluruh pihak terkait dalam menghadapi berbagai potensi ancaman selama pelaksanaan Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur Kalimantan Barat dan Bupati/Wakil Bupati Kapuas Hulu.

Simulasi yang digelar ini mencakup beberapa tahapan krusial dalam proses Pilkada, seperti pengawalan dan pengamanan bakal calon, masa tenang, pendistribusian logistik Pilkada, hingga penetapan calon terpilih.

Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Hendrawan menjelaskan, simulasi ini juga untuk mempersiapkan personel menghadapi berbagai skenario unjuk rasa, mulai dari situasi hijau yang menandakan kondisi normal, hingga situasi merah yang mengindikasikan adanya gangguan serius.

"Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa semua pihak, termasuk Polri dan TNI, siap merespons dengan cepat dan tepat dalam menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi," jelasnya, dilansir dari rri.

Pelatihan ini juga memberikan penekanan pada pentingnya koordinasi antara berbagai elemen yang terlibat dalam pengamanan Pilkada.

Dengan kegiatan ini, diharapkan setiap anggota yang terlibat dalam pengamanan mendapat gambaran yang jelas tentang peran dan tanggung jawab mereka, serta langkah-langkah yang harus diambil dalam kondisi darurat.

"Latihan seperti ini dianggap esensial untuk menjaga kelancaran dan keamanan pelaksanaan Pilkada di wilayah Kapuas Hulu," tutupnya.

(ek/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment