Jelang Pemilu 2024, Polisi Sambangi Warga Pesisir Ciptakan Kamtibmas di Sulteng

10 December 2023 - 12:45 WIB
Antaranews

Tribratanews.tribratanews.com - Palu. Ditpolairud Polda Sulawesi Tengah dari Satgas Bantuan Operasi (Banops) Operasi Mantap Brata (OMB) Tinombala, menyambangi masyarakat pesisir guna menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) menjelang Pemilu 2024.

"Kegiatan menyambangi ini merupakan bagian dari patroli dialogis untuk mengedukasi warga di wilayah pesisir pantai dan perairan mengenai kamtibmas menjelang pelaksanaan Pemilu 2024," ujar Kasubsatgas Polair Satgas Banops OMB Tinombala, Ipda Rahmat, dilansir dari Antaranews, Sabtu (09/12/23).

Ia mengatakan kegiatan patroli dialogis dengan sasaran masyarakat yang bermukim di wilayah pesisir pantai merupakan bagian dari upaya Subsatgas Polairud dalam menghadapi tantangan kamtibmas di wilayah pesisir terutama menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

Baca Juga: Kota Bogor Perpanjang Status Darurat Bencana Hidrometeorologi Sampai 31 Desember 2023

Dalam kesempatannya ia mengungkapkan bahwa Tim Polair, mengedepankan tugas-tugas preventif dan preemtif dalam melakukan pengamanan Pemilu 2024. Kegiatan patroli dilakukan di wilayah pesisir Pantai Teluk Palu, Teluk Palu, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Kasubsatgas Polair mengatakan, kegiatan yang dilakukan ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan antara aparat keamanan dengan masyarakat.

Menurut dia, sinergi antara aparat kepolisian dan masyarakat di wilayah pesisir pantai penting untuk menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu 2024.

"Personel Subsatgas Polairud turut memberikan imbauan kepada masyarakat, terutama pentingnya kehati-hatian terhadap informasi palsu atau hoaks yang dapat memicu ketegangan dan kebingungan," jelasnya.

Selanjutnya ia menuturkan dalam era informasi digital penyebaran berita bohong dianggap sebagai ancaman terhadap stabilitas sosial.

Ia mengungkapkan masyarakat yang berada di wilayah pesisir pantai dan para nelayan dapat aktif berperan membantu kepolisian dalam menjaga kamtibmas, sehingga pemilu dapat berlangsung dengan aman serta lancar.

"Kami juga mengajak masyarakat untuk turut menyukseskan Pemilu Damai 2024 dengan memberikan hak suara untuk memilih pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang," jelasnya.

Di akhir kesempatan ia menjelaskan bahwa pihaknya siap membantu pengamanan dan pengawalan distribusi logistik pemilu, utamanya di wilayah perairan atau wilayah kepulauan agar Pemilu 2024 dapat terlaksana sesuai tahapan waktu yang ditentukan.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment