Jelang Lebaran 2023, Polda Jateng Lakukan Pengecekan Jalur Mudik

27 February 2023 - 17:40 WIB
Ekonomibisnis.com

Tribratanews.tribratanews.com - Semarang. Persiapan arus mudik Lebaran 2023, Ditlantas Polda Jateng bersama Korlantas Polri, Kementerian PUPR serta Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) melakukan cek jalur tol Trans-Jawa dan non tol meliputi jalur tengah, pantai utara, dan pantai selatan.

Baca juga : Korlantas Polri Siapkan Pengamanan Jalur Mudik Lebaran 2023

“Nantinya, kepolisian akan menyiapkan rencana untuk menghindari kemacetan dan mengantisipasi kecelakaan. Seperti tahun lalu, di Jawa Tengah disiapkan rekayasa one way di jalur tol dan sejumlah jalan arteri,” jelas Dirlantas Polda Jatang, Kombes Pol. Drs. Agus Suryo Nugroho, S.H., M.Hum., di Semarang, seperti dikutip kompas.com, Senin (27/2/23).

Kombes Pol. Agus mengungkapkan, dari pantauan di wilayah Pati, Rembang, Banyumas, dan Cilacap, terdapat persimpangan jalan dan pasar tumpah yang berpotensi menjadi simpul kemacetan.

"Titik kemacetan sudah kita siapkan antisipasi. Nanti, rekayasa one way nasional di Gerbang Tol Kalikangkung itu dari H-7 sampai H-1, siap sewaktu-waktu. Di ruas arteri juga, kita siapkan penutupan u-turn di wilayah rawan macet dan kecelakaan," terangnya.

Kombes Pol. Agus menjelaskan, pada mudik 2023, kemungkinan ada sejumlah jalan arteri di pantai utara dan tengah yang masih dalam tahap perbaikan. Untuk itu, kepolisian dan Kementerian PUPR juga menyiapkan rute-rute alternatif guna menghindari kepadatan dan kemacetan panjang. Termasuk wilayah rawan kecelakaan, kepolisian memastikan infrastruktur jalan dan jembatan seluruhnya aman digunakan.

"Ini kemungkinan masih ada jalan-jalan nasional, seperti di Pantura yang belum selesai diperbaiki. Kita sudah siapkan skenario pengalihan arus kendaraan agar tidak macet," tutupnya.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment