Jelang Hari Pencoblosan Pemilu 2024, Polda Maluku Gencar Lakukan Imbauan Kamtibmas

22 January 2024 - 11:30 WIB
Foto: Dinamikamaluku

Tribratanews.tribratanews.com - Ambon. Tim Satgas Preemtif OMB Salawaku Polda Maluku, terus gencar dalam menemui masyarakat dan menyampaikan himbauan Kamtibmas agar selalu kondusif di Kota Ambon. Hal tersebut dilakukan karena menjelang Pemilu Legislatif dan Presiden 14 Februari 2024 mendatang.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Rum Ohoirat, mengungkapkan bahwa selain memberikan penyuluhan, personel satgas preemtif OMB juga membagikan brosur himbauan kamtibmas kepada masyarakat yang sementara menjalankan aktivitasnya.

Sepanjang tahapan Pemilu dari tahun 2023 hingga 2024, tim satgas OMB Salawaku terus dikerahkan. Mereka mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga stabilitas keamanan, hindari penyebaran berita hoax terkait isu SARA, maupun politik identitas.

Baca Juga: Ciptakan Pemilu Damai, Kominfo Ajak Masyarakat Jaga Ruang Digital dari Hoax

“Berbeda pilihan hendaknya disikapi dengan bijak, karena siapapun calonnya, apapun partainya, kita tetap harus menjaga situasi kamtibmas yang kondusif,” jelas Kabid Humas Polda Maluku, Minggu (21/1/24).

Saat ini pelaksanaan Pemilu 2024 tengah sampai pada tahapan kampanye. Seluruh elemen masyarakat diharapkan dapat melaksanakan kampanye secara tertib, aman dan damai. Warga juga diharapkan dapat mematuhi aturan-aturan kampanye yang sudah ditetapkan oleh penyelenggara.

“Masyarakat juga diingatkan agar tidak mudah terprovokasi, hindari politik identitas, politisasi agama, dan polarisasi masyarakat,” jelasnya lebih lanjut.

Tim satgas preemtif saat menyambangi masyarakat juga diingatkan untuk tidak mengonsumsi miras, sebab dapat berdampak pada terjadinya gangguan Kamtibmas.

“Warga diajak untuk bijak dalam bermedia sosial. Jangan melakukan perbuatan-perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri atau orang lain atau perbuatan melawan atau melanggar aturan hukum,” tutupnya.

(my/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment