Ditlantas Polda Sulut Beri Himbauan Rentannya Laka Lantas di Sulawesi Utara

31 August 2022 - 11:24 WIB

Tribratanews.tribratanews.com – Sulut. Belakangan ini kecelakaan lalu lintas terjadi Sulawesi Utara. Selasa kemarin, tercatat ada dua kecelakaan yaitu di minahasa selatan laka beruntun dan di jalan martadinata paal 2 kota manado, laka lantas yang mengakibatkan pengendara motor meninggal dunia.

Kasubdit Gakum Ditlantas Polda Sulawesi Utara, AKBP Roy Tambajong memberikan himbauan kepada para pengendara lalu lintas.

Menurut Kasubdit Gakum Ditlantas Polda Sulawesi Utara, lalu lintas mempunyai 3 permasalahan, yaitu pelanggaran, kemacetan dan kecelakaan.

Dari masalah tersebut muncul beberapa faktor penyebab yang pertama faktor manusia, faktor jalan, kendaraan dan lingkungan.

Kasubdit Gakum Ditlantas Polda Sulawesi Utara mengatakan dari beberapa faktor tersebut yang sangat berpotensi hingga terjadi pelanggaran adalah faktor manusia.

"Faktor manusia lebih kepada perilaku. Kalau kita berbicara perilaku, biasanya kalo dijalan saat kita mengemudikan kendaraan sering kita temukan pengemudi yang mementingkan diri sendiri atau egois. Alhasil dari faktor tersebut sering menimbulkan kecelakaan," jelas Kasubdit Gakum Ditlantas Polda Sulawesi Utara. 

Oleh karena itu Kasubdit Gakum Ditlantas Polda Sulawesi Utara memberikan pesan penting kepada masyarakat saat mengemudikan kendaraaan.

"Jadi yang terutama itu kita harus rendah hati, berkepala dingin juga dan tidak emosi, dan saat kita melakukan perjalanan, diupayakan waktu yang akan ditempuh jangan terlalu mepet," jelas Kasubdit Gakum Ditlantas Polda Sulawesi Utara. 

Soal tertib berlalu lintas, tentunya harus dengan sopan saat berkendara, mentaati peraturan di jalan.

"Jangan ada aturan jangan menyalip kendaraan disitu dia nyalip, dilarang melaju kencang disitu dia cepat-cepat, jadi ini semua yang sering terjadi di jalan," jelas Kasubdit Gakum Ditlantas Polda Sulawesi Utara. 

Kasubdit Gakum Ditlantas Polda Sulawesi Utara masih banyak melihat pengendara motor yang tidak memakai helm.

"Pada saat dia melihat ada petugas atau ada sesuatu yang dia pikir untuk menghindar dari petugas disitu akhirnya terjadi kecelakaan," jelasnya.

Menurut beliau, saat pengendara itu tertib berlalu lintas maka kita tidak hanya menyelamatkan diri sendiri tapi bisa menyelamatkan banyak orang.

"Jika kita sudah peduli dengan keselamatan lalu lintas, maka akan terwujud masyarakat yang benar-benar tertib berlalu lintas dan semua akan nyaman dan lancar," jelasnya.


Share this post

Sign in to leave a comment