Ditlantas Polda Metro Jaya Siapkan Skenario Antisipasi Lonjakan Arus Balik

12 May 2024 - 10:41 WIB
www.tribratanews.com Jakarta. Dalam upaya antisipasi arus balik dari masyarakat yang berhasil mudik lebih dulu, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran menyebutkan akan berkolaborasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pemda.

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolda Metro Jaya saat sesi doorstop usai pelaksanaan Rakor Antisipasi Arus Balik Idul Fitri 2024 yang dilaksanakan antara Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, Koarmada I TNI AL, dan Pangkoops I TNI di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Selasa (11/05/21).

"Untuk mengantisipasi hal tersebut kita dalam rakor ini ada beberapa poin yang kita sepakati, seperti kolaborasi dengan BNPB dan Pemprov DKI Jakarta dan pemerintah daerah lainnya untuk memperkuat bandara, stasiun, pelabuhan, dan rest area yang akan digunakan untuk kembali setelah masa mudik selesai," terang Irjen Pol. Fadil Imran.

"Kami jajaran TNI dan Polri melaksanakan rapat koordinasi awal untuk mengantisipasi arus balik. Berdasarkan evaluasi, jumlah pemudik melalui darat, kereta, dan udara sebelum tanggal 6 Mei (1-5 Mei 2021) dan masyarakat yang tetap nekat mudik seperti di Kedung Waringin dan Jalan Tol, masyarakat Jakarta yang keluar dari Jakarta sekitar 1,2 juta orang," tutur Jenderal Bintang Dua.

Sebelumnya, beredar viral sejumlah pemudik yang berkendara sepeda motor memaksakan untuk tetap melakukan mudik dan menerobos penyekatan yang dilakukan pihak kepolisian bersama stakeholder terkait di Jalan Pantura Kedung Waringin, perbatasan Kabupaten Bekasi dengan Kabupaten Karawang pada Minggu (09/05/21).

Share this post

Sign in to leave a comment