Ditlantas Polda Jabar Segera Berlakukan E-Tilang

31 January 2024 - 17:00 WIB
www.tribratanews.com - Bandung. Polda Jawa Barat akan segera memberlakukan tilang elektronik tilang atau e-tilang di beberapa daerah. Aturan ini merupakan perintah langsung dari Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.


"E-tilang masih progres. Semoga sebulan lagi sudah selesai dan bisa diterapkan. Nantinya tidak akan ada petugas yang menilang di lapangan," terang Direktur Lantas Polda Jabar, Kombes Pol. Eddy Djunaedi, S.I.K., Minggu (31/1/2021).


Dirlantas Polda Jabar menjelaskan, sebelum e-tilang diterapkan di sejumlah daerah di Jawa Barat, Polda Jabar akan mematangkan terlebih dahulu alat-alat penunjang. Adapun sumber daya manusia (SDM) di tiap polres sendiri telah mendapat perintah untuk mempersiapkan diri.


"Software dan perangkat kerasnya sedang disiapkan, termasuk pelatihan anggota. Di beberapa daerah infrastrukturnya sudah siap," ungkap Dirlantas.


Dirlantas juga menambahkan, Polda Jabar akan terlebih dahulu mengkaji penerapan e-tilang di sejumlah wilayah. Menurutnya, masa percobaan e-tilang tak akan diterapkan di seluruh wilayah Jabar terlebih dahulu.


"Untuk di Jabar, nanti akan diberlakukan di Kota Bandung dan Kota Cirebon. Akan dilakukan di sejumlah ruas jalan yang sudah dilengkapi CCTV," ungkapnya.


Selain itu, Dirlantas juga menambahkan, e-tilang akan diterapkan di seluruh wilayah Jabar dengan aturan dari Kapolri langsung. Ia meminta masyarakat tidak panik dan tetap mengikuti perkembangan terbaru.


"Belum semua ruas jalan dilengkapi infrastrukturnya. Ke depannya bisa dikembangkan," tutup Dirlantas.

Share this post

Sign in to leave a comment