Antisipasi Peristiwa Kanjuruhan, Tim Auditor Mabes Polri Periksa Stadion Haji Agus Salim Padang

4 January 2023 - 14:56 WIB
Foto : infopublik

Tribratanews.tribratanews.com - Padang. Antisipasi pasca insiden Kanjuruhan, Tim Auditor Mabes Polri mengecek langsung Stadion Haji Agus Salim Padang, Selasa (3/1/2023).

Ketua Tim Auditor Sistem Pengamanan Mabes Polri, Kombes. Pol. Zuhdi B Rasuli, mengungkapkan bahwa pengecekan tersebut, salah satunya terkait pasca insiden Stadion Kanjuruhan yang menewaskan banyak korban jiwa.

Baca Juga : Polresta Bandung Ungkap Kasus Pembunuhan Berkedok Korban Kecelakaan Lalu Lintas

“Kami melaksanakan assessment penilaian resiko di seluruh stadion. Semenjak kasus yang di Malang yang banyak korban perlunya kita menilai semua stadion baik kelas A, B, C untuk sistem keamanan,” jelas Kombes Pol. Zuhdi dalam keterangannya pada Selasa (3/1/23). 

Perwira menengah tersebut mengatakan,bahwa keamanan stadion untuk Liga 2 tidak hanya bicara terkait penyelenggaraan saja, namun keamanan manusianya perlu dipikirkan.

“Inilah salah satu tugas kita menilai resiko tentang kelayakan stadion untuk menyelenggarakan Liga,” jelasnya, dilansir infopublik pada Selasa (3/1/23).

Ketua Tim Auditor menjelaskan, ada lima indikator penilaian setiap stadion yang diaudit, yakni aspek kondisi objeknya, aspek keselamatan, aspek tempat informasi, aspek keamanan dan kesehatan dan aspek kelengkapan infrastruktur.

Sebelumnya, sesuai permintaan PSSI ada dua objek yang dinilai Tim Auditor Mabes Polri di Sumbar yakni Stadion Haji Agus Salim Padang dan Stadion Utama Sumbar di Padang Pariaman.

(fa/hn/um)




Share this post

Sign in to leave a comment