Antisipasi Libur Nataru, Polda Jateng Siapkan Rencana Penyekatan Jalan

13 November 2024 - 19:04 WIB
www.tribratanews.com - Semarang. Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah mempersiapkan skenario dalam mengantisipasi kepadatan arus lalu-lintas pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol. Agus Suryo Nugroho mengatakan, akan menyekat sejumlah ruas jalan pada masa libur Nataru.

Dalam kegitan yang akan dilakukan, rencananya juga akan diadakan pemeriksaan dokumen perjalanan seperti pada tahun sebelumnya.

Jajaran Ditlantas Polda Jateng masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat terkait kebijakan menghadapi masa libur Nataru.

"Polda Jateng dan pengelola jalan tol sudah menyiapkan skenario. Ketika harus ada pembatasan kita skenario demikian, ketika dilepas semua jalur kita siapkan kontraflow, penyekatan dan sebagainya," terang Dirlantas Polda Jateng, Jumat, (12/11/21).

Kombes Pol. Agus Suryo Nugroho memetakan area blackspot untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan. Ada beberapa antisipasi yang dilakukan guna mencegah terjadinya kecelakaan di lokasi tertentu.

"Kami juga sudah survei lokasi-lokasi black spot yang sering terjadi kecelakaan. (Di sana) kita upaya siapkan crane, ambulans, mobil derek termasuk patroli rutin kita maksimalkan. Ini upaya mencegah kecelakaan lalu lintas," tutur Perwira Menengah Polda Jateng.

Dirlantas Polda Jateng juga memastikan ruas jalan tol yang ada di Jawa Tengah juga aman untuk digunakan pada saat libur Natal dan Tahun baru nanti.

"Kami yakinkan ruas jalan tol aman, tertib dan lancar. Kita sudah bersinergi bagaimana kita nertindak pada saat operasi nataru akan dihadapi," tutup Kombes Pol. Agus Suryo Nugroho

Share this post

Sign in to leave a comment